Pindahkan Alat Berat,  Dishub Minta Kontraktor Lakukan Koordinasi

Pindahkan Alat Berat,  Dishub Minta Kontraktor Lakukan Koordinasi
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru meminta pihak kontraktor pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Sukajadi, tidak sembarangan mengoperasikan alat berat. 

"Kalau alat berat itu bergeser beberapa meter tentu tidak efektif juga digendong, kita masih toleransi lah. Tapi tetap dengan pengawalan. kalau sudah lewat puluhan meter, tentu harus digendong pakai mobil alat berat itu," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Ketika ditanya terkait alat berat (eskavator) salah satu kontraktor pembangunan IPAL melintas dijalan saat aktivitas lalu lintas padat di siang hari.

Yuliarso  juga menegaskan kepada pihak kontraktor agar segera melakukan koordinasi dengan pihaknya, jika ingin melakukan pemindahan alat berat. Apabila alat berat itu berpindah dengan jarak yang cukup dekat dengan cara dijalankan ke titik satu ke titik lainnya. Namun, tetap dengan jarak yang tidak begitu jauh. 

"Mereka harus berkoordinasi kepada kita kalau mau memindahkannya. Petugas kita harus melakukan pengawalan, karena aktivitas lalulintas juga ramai. Jadi tidak bisa sembarangan berpindah begitu saja, kecuali digendong," jelasnya, Kamis (5/12). 

Ia katakan, ia telah berkodinasi dengan bawahannya agar memberikan peringatan kepada pihak kontraktor, supaya bisa berkoordinasi dengan pihaknya apabila ingin melakukan perpindahan alat berat. 

"Hanya kurang koordinasi saja, artinya kalau ada pergeseran yang memerlukan pengawasan akan kita dampingi. Kalau bisa dengan pihak kepolisian juga, karena ini juga terkait dengan arus lalin," terangnya. 

Yuliarso mengatakan, dari pembangunan IPAL itu memang terjadi beberapa penyempitan arus lalulintas. Sebab pembangunan terjadi tepat ditengah beberapa ruas jalan. 

"Penyempitan ini hal wajar karena ada pengerjaan ditengah jalan. Namun, bila dilakukan koordinasi maka kita bisa mengupayakan rekayasa lalulintas untuk beberapa ruas jalan. Sehingga kemacetan dapat diurai dan tidak berlangsung lama," tutupnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index