Kawatir Asian Games Terganggu, Siaga Darurat Karhutla Diperpanjang

Senin,28 Mei 2018 - 15:02:49 WIB Di Baca : 1250 Kali

Riauaktual.com - Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya siaga Darurat Karhutla diperpanjang mulai 1 Juni hingga 30 November 2018 mendatang.

Penetapan siaga darurat ini, disampaikan Danrem 031/WB Brigjen TNI Inf Sonny Aprianto, di Lantai 8 Menara Lancang Kuning, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Riau, Senin (28/5) siang.

Jika beberapa bulan belakangan tidak ada tittik hotspot di Provinsi Riau, Danrem mengungkapkan bahwa itu merupakan campur tangan Tuhan yang sangat besar. 

''Itu peran dari Tuhan yang maha esa,'' ungkap Sonny.

Penambahan masa darurat ini, juga sambung dia. Nantinya setelah berakhir pada tanggal 31 Mei 2018 ini, diprediksi kemungkinan besar Provinsi Riau akan memasuki musim kemarau.

Mengantisipasi hal itu, presiden RI Jokowi agar memberikan perhatian khusus dikarenakan Riau merupakan penyangga asap, pada saat perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

''Makanta siaga darurat ini, sudah selayaknya dilakukan,'' ujarnya.

Danrem mengatakan, ras terimakasih kepada seluruh pihak yang ambil bagian dalam satgas. Karena berkat hubungan saling bahu membahu, dapat menekan angka Karhutla.

''Maka untuk penetapan kedua ini, kita harus lebih kerja keras. Hal ini sesuai kondisi cuaca sangat berbeda dengan penetapan pertama kemarin,'' tambahnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, penetapan ini dilakukan setelah melihat berbagai pertimbangan. 

Selain itu, penetapan ini juga setelah pihaknya telah melalui berbagai tahapan sepeti rapat koordinasi dengan lintas sektoral bersama-sama dengan tim satgas Karhutla.

Perlu diketahui, bahwa sejak tanggal 19 Februari 2018 lalu. Status siaga darurat Karhutla udah ditetapkan langsung melalui Pergub Riau. Hal bertujuan sebagai langkah pencegahan dan penanganan dini terhadap bahaya Karhutla. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...