Foto: Reuters

Bom Seberat 500 Kilogram di Berlin Berhasil Dijinakkan

Sabtu,21 April 2018 - 17:09:57 WIB Di Baca : 1678 Kali

Riauaktual.com - Sebuah bom dari masa Perang Dunia II berhasil dijinakkan di Berlin, Jerman pada Jumat setelah memaksa evakuasi puluhan ribu orang dari daerah pusat kota. Kereta, trem, bus bahkan penerbangan di Bandara Tegel telah dihentikan sementara saat tim penjinak melakukan pekerjaan mereka.

Diwartakan Reuters, Sabtu (21/4/2018), bom seberat 500 kilogram buatan Inggris itu ditemukan di lokasi pembangunan sebuah gedung pekan ini. Pihak berwenang mengumumkan evakuasi sekira 10.000 warga dari daerah seluas 800 meter, termasuk stasiun kereta yang sehari-hari digunakan oleh sekira 300 ribu orang sementara para ahli menjinakkan bom tersebut.

Ribuan penduduk dan karyawan harus tetap menjauhi atau meninggalkan daerah itu pada pukul 09:00 waktu setempat dan tidak kembali sampai bom itu dijinakkan dengan aman.

Gedung parlemen dan gedung kanselir Jerman terletak hanya beberapa ratus meter di selatan dari daerah yang dikosongkan. Karena itu aktivitas pemerintah Jerman tetap berajalan sebagaimana biasanya.

Lebih dari 70 tahun setelah berakhirnya perang, bom-bom yang tidak meledak terus ditemukan di Jerman. Bom-bom tersebut merupakan ebuah warisan mematikan dari kampanye pengeboman Sekutu yang intens terhadap Nazi Jerman.

Sekira 3.000 bom diyakini masih terkubur di Berlin, sebuah kota berpenduduk tiga juta orang. Regu penjinak bom di kota itu sangat terbiasa menjinakkan bom-bom tersebut dan persenjataan lainnya. Ratusan bahkan ribuan bom lainnya mungkin juga masih terkubur di kota-kota lain di Jerman.

Tahun lalu sekira 60.000 orang dievakuasi dari rumah mereka di Frankfurt setelah bom besar yang dijatuhkan oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris ditemukan. (Wan)

 

Sumber: Okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...