Tinjau DPM PTSP Pekanbaru, Dirjen BAK Kemendagri Mengaku Kagum

Rabu,21 Februari 2018 - 17:13:16 WIB Di Baca : 2772 Kali

PEKANBARU - Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Eko Subowo mendatangi kantor DPM PTSP yang berada di lingkungan Sekretariat Kantor Walikota berkunjung langsung ke kantor DPM-PTSP pada Senin (19/02) siang.

Kedatangan Eko tak lain untuk melihat secara langsung proses pelayanan perizinan yang berada di DPM PTSP Kota Pekanbaru.

Secara keseluruhan Eko mengakui jika DPM PTSP Kota Pekanbaru memang layak untuk menjadi percontohan bagi DPM PTSP seluruh Indonesia.

"DPM -PTSP yang ada di Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, termasuk yang paling prima di Indonesia dari sekian banyak DPM-PTSP yang ada," ungkap Eko, disela-sela kunjungannya yang bersamaan dengan pelaksanaan Rakornas DPM PTSP di Riau.

Foto Doni Dwi Putra.

Hanya saja ke depan untuk peningkatan pelayanan perizinan, Eko berharap supaya pihak DPM-PTSP memperbanyak unit perwakilan OPD lain, agar masyarakat benar-benar dilayani satu pintu. Artinya untuk pengurusan berbagai rekomendasi perizinan dari OPD lain, cukup di kantor DPM-PTSP tanpa harus mendatangi kantor OPD yang rekomendasinya dibutuhkan.

"Untuk perizinan yang perlu rekomendasi, masyarakat mestinya sudah mengurusnya disini dan tidak perlu lagi ke OPD lain," kata Eko.

Eko juga menegaskan, OPD lain juga tidak perlu keberatan bila rekomendasi dikeluarkan oleh DPM-PTSP. Karena nanti tetap akan berkoordinasi dengan OPD teknis.

Tidak hanya Dirjen BAK Kemendagri yang  penasaran  terhadap pelayanan di DPM PT SP Pekanbaru, Selasa (20/2) DPM PTSP juga mendapat kunjungan dari peserta Rakornas DPM PTSP yang lain.

“Peserta rakornas ingin memastikan betul apa tidak pelayanan yang berlangsung di DPM PTSP sama dengan yang saya paparkan diforum Rakornas,” ungkap Kepala DPM PTSP Kota Pekanbaru, M Jamil.

Dirjen BAK, Eko Subowo saat meninjau kondisi pelayanan di DPM PTSP Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu,Jamil menyatakan terimakasih atas ditunjukkanya DPM PTSP Kota Pekanbaru sebagai role model atau percontohan pelayanan bagi DPM PTSP seluruh Indonesia oleh Kemendagri.

“Ini tentu sangat membanggakan dan kita akan terus melakukan berbagai inovasi untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,”kata Jamil.

Jamil juga mengungakpkan, pihaknya saat ini tengah berupaya untuk merealisasikan Mall Pelayanan Publik yang ditargetkan bisa beroperasi di Agustus 2018 nanti.

Lebih lanjut terkait saran dari Dirjen BAK Kemendagri perihal rekomendasi dari OPD lain dikatakan Jamil sudah diterapkan oleh  DPM PTSP Kota Pekanbaru.

Menurutnya seluruh OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru yang terkait dengan pemberikan rekomendasi perizinan sudah bersinergi dengan  DPM PTSP Kota Pekanbaru.

“Kita sudah saling bersinergi, dimana setelah adanya rekomendasi kami baru dapat menerbitkan izin yang dibutuhkan. Namun semua bermula dan berakhir di DPM PTSP,” kata  Jamil.

 

Suasana dialog saat kunjungan di ruang kerja Kepala DPM PTSP Pekanbaru

Lebih jauh Jamil juga mengungkapkan, terpilihnya DPM PTSP Kota Pekanbaru sebagai percontohan di Indoenesia dikarenakan banyak factor pendukungnya.

Selain pelayanan yang cepat dan tepat juga karena keramahan petugas pelayanan.

“ Yang pasti pelayanan yang kita berikan lebih cepat mulai dari pemberkasan hingga proses terbitnya perizinan,” tutup Jamil. (ADV/DPM PTSP)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...