Wanita Becermin 8 Kali Sehari, Pertanda Apa Ya?

Wanita Becermin 8 Kali Sehari, Pertanda Apa Ya?
(Ilustrasi int)

RIAUAKTUAL.COM-  Mungkin ia tampak tengah mengamati kacamatanya yang dilepas. Namun, ups... ternyata dia tengah becermin.

Kali lain, ia sibuk mengeluarkan ponsel dari handbag-nya. Bukan karena ada pesan pendek atau telepon masuk, tapi, sama saja, ngaca.

Wanita, menurut penelitian yang dipublikasikan Daily Mail, memeriksa refleksi mereka rata-rata delapan kali sehari--dan dengan senang hati akan menggunakan refleksi dari kacamata orang lain dan layar telepon untuk memastikan mereka mencari ekspresi terbaik.

Tempat populer lainnya untuk becermin adalah etalase toko, kaca spion mobil, dan bahkan, ponsel mereka. Rambut dan make-up adalah satu hal yang paling penting untuk diperiksa.

Sepuluh persen responden penelitian mengatakan mereka memeriksa cermin secara kompak setidaknya sepuluh kali dalam satu hari. Namun tiga perempat wanita benci melihat ekspresi mereka di cermin dan 39 persen mengatakan hal itu mempengaruhi kepercayaan diri mereka.

Studi yang dilakukan oleh Simple Skincare juga menunjukkan bahwa empat dari sepuluh wanita percaya bahwa mereka terlihat lebih baik atau lebih buruk bergantung pada apa yang mereka lihat di cermin.

Sepertiga dari mereka berpikir mereka berada dalam penampilan terbaik saat becermin di kamar mandi sendiri. Sementara satu dari 20 responden menyatakan mereka melihat penampilan terburuk mereka saat becermin di toilet di tempat kerja.

Menurut Dr Christine Bundy, pakar di Psikologi Kesehatan dan Kedokteran di University of Manchester, kesombongan atau narsisme bukan alasan di balik banyak wanita gemar becermin. "Ada wanita yang berasumsi memeriksa refleksi mereka di cermin terlalu sering adalah langkah sia-sia, tapi jumlahnya hanya sedikit," ujarnya, yang terlibat dalam penelitian itu.

Paranoia adalah alasan lain mengapa wanita sering memeriksa refleksi mereka. Lebih dari tiga perempat dari wanita mengatakan mereka memeriksa penampilan mereka jauh lebih sering daripada pria--dengan melihat rambut dan make-up menjadi perhatian utama. Mereka mencemaskan penampilan di kedua area itu.

Jajak pendapat yang menyasar 2.000 wanita ini juga menemukan, satu dari sepuluh wanita memeriksa make-up setidaknya tiga kali sehari, sedangkan satu dari lima responden memeriksa rambut mereka lebih dari empat kali setiap hari.

Setengah dari mereka yang disurvei mengatakan mereka berpikir bahwa orang yang melihat di cermin sepanjang hari adalah sia-sia dan 24 persen mengatakan mereka hanya bangga dengan penampilan mereka.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index