Ilustrasi telur.

Konsumsi Telur Mentah, Sehat atau Tidak Untuk Tubuh?

Selasa,18 Oktober 2016 - 01:52:50 WIB Di Baca : 10495 Kali
RAGAM (RA) - Mengonsumsi telur mentah memang terdengar menjijikkan kadang. Sebab aromanya yang amis ditambah dengan teksturnya yang berlendir akan membuat orang merasa jijik.
 
Meskipun begitu, beberapa pengobatan di Indonesia seperti jamu menggunakan telur mentah sebagai bahan pelengkapnya. Sebab telur mentah diperkaya akan membuat jamu jadi bernutrisi.
 
Well, namun sehat atau tidakkah makan telur mentah sebenarnya?
 
Dikutip dari boldsky.com, sekitar 50% dari protein telur mentah bisa dicerna oleh tubuh dengan baik, tidak seperti protein yang ada di dalam telur yang sudah dimasak. Selain itu protein telur yang disebut dengan avidin bisa hancur melalui proses pemasakkan.
 
Di sisi lain, putih telur mentah bisa memblokir penyerapan biotin atau vitamin B7 yang penting untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. 
 
"Terlepas dari fakta di atas, hal paling penting yang harus kamu perhatikan saat mengonsumsi telur mentah adalah kandungan bakteri yang ada di dalamnya. Sebab kamu bisa terkontaminasi bakteri Salmonella yang hidup dalam telur mentah. 
 
Mengonsumsi telur yang terkontaminasi bakteri ini bisa menyebabkan keracunan makanan, menurunkan sistem kekebalan tubuh, serta membahayakan kehamilan." (merdeka.com)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...