Peringati Hari Peduli Sampah, Pegawai DLH Bengkalis Bersihkan Pantai Selat Baru

BENGKALIS – Sebanyak 67 orang tergabung dari Tenaga Harian Lepas , dan Satuan Petugas (Satgas) Sampah  serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis membersihkan sampah di Pantai Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Minggu (23/2/2020).

Kegiatan itu dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis bersama Tenaga Lepas Harian dan Satgas Sampah dilingkup pemerintah daerah Bengkalis berjumlah sebanyak 67 orang, sejak dimulai pukul 7.30 WIB dikawasan pantai Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Rombongan kemudian melakukan ‘operasi semut’, yaitu memunguti sampah-sampah yang ada di sekitar wisata pantai Selat Baru dan sepanjang pinggir jalan pantai bahkan di bibir pantai.

Dengan memakai sarung tangan karet dan karung tempat sampah, sebagian warga sekitar ikut mengambil sampah yang berserakan disepanjang pinggir jalan warung dibibir pantai tersebut, sedangkan sampah yang sudah dipungut dimasukan didalam mobil sampah yang telah tersedia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Arman AA melalui Kepala Seksi Penanganan Sampah, Azmar didampingi Kepala Seksi Pengurangan Sampah Nurhasanah mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan bertujuan untuk mensadarkan masyarakat tentang peduli terhadap sampah agar jangan membuang sampah sembarangan sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional jatuh pada 21 Februari 2020.

“Program ini merupakan salah satu program yang dicanangkan Pemerintah daerah,  tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Dan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, apalagi kawasan pantai Selat Baru, kawasan objek wisata yang dikunjungi orang banyak setiap harinya,” ungkap Azmar.

Ia juga menjelaskan, program ini sangat bagus yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat banyak tentang bahaya sampah plastik dan bagaimana mengurangi sampah plastic.

Solusi mengurangi Sampah

Membawa tas belanja sendiri

Mengurangi pemakaian tas plastik sekali pakai menjadi langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi. Selain dapat menghemat pengeluaran dengan tidak membayar tas plastik, Anda juga berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik.

Membawa botol air yang dapat digunakan lagi

Kebanyakan orang menginginkan hal yang praktis, termasuk saat minum. Membeli botol minum kemudian membuangnya, begitu setiap hari dilakukan. Apabila kegiatan membawa botol air sendiri tidak dimulai dari diri kita sendiri, sampah plastik akan bertambah setiap harinya.

Membawa tempat makan sendiri

Kita selalu mengkonsumsi makanan setiap hari. Tidak jarang orang yang memiliki banyak kegiatan memilih untuk membeli makanan di restoran atau warung makan.

Biasanya, kemasan yang digunakan menggunakan plastik dan atau styrofoam. Hal tersebut apabila dilakukan terus menerus akan menambah volume sampah. Untuk itu, mulailah dengan membawa tempat makan sendiri agar produksi sampah berkurang.

Tidak menggunakan sendok dan garpu dari plastik

Bukan hanya tak ramah lingkungan, sendok dan garpu sekali pakai dari bahan plastik tidak baik untuk kesehatan. Polimer beracun pada sendok dan garpu plastik bisa ikut termakan saat digunakan menyantap hidangan panas. Tentunya zat plastik yang termakan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan gangguan fungsi hati, pencernaan, hingga kanker.

Tempatkan sisa makan dengan wadah kaca

Usahakan tidak memakai plastik setiap hari. Dengan langkah sederhana saja Anda dapat membantu bumi ini untuk memiliki lebih banyak oksigen. Dengan menempatkan sisa makanan di wadah kaca berarti Anda ikut peduli untuk menjaga lingkungan kita.

Bagikan tips ini ke semua orang

Melalui Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2020 Anda harus ikut serta untuk mengurangi penggunaan plastik. Dengan menyebarkan kebaikan kepada sesama, Anda sudah ikut merayakan hari peduli sampah(galery/de)

Kasi Penanganan Sampah Azmar berfoto bersama Satgas Sampah DLH Bengkalis
Terlihat THL dan satgas Sampah membersihkan sampah dipinggir jalan Pantai Selat Baru
Kasi Penanganan Sampah Azmar terlihat ikut dalam Hari Peduli Sampah Nasional
Kepala Seksi Penanganan Sampah, Azmar didampingi Kepala Seksi Pengurangan Sampah Nurhasanah bersama Satgas THL istirahat
Pasukan semut berfoto usai melaksanakan kegiatan bersihkan sampah di pantai Selat Baru, kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis
Terlihat THL mengumpulkan sampah disekitar lokasi Pantai Selat Baru