Puskesmas Wisata Kota Pekanbaru, Sehat Sebelum Berobat

Jumat, 04 Maret 2016

Ket Foto : Puskesmas Wisata Kota Pekanbaru

PEKANBARU (RA) - Sebagian orang masih takut bila harus datang ke rumah sakit. Kesan angker, bau, dan sumpek membuat sebagian orang yang sakit semakin sakit bila masuk ke rumah sakit.

Tapi itu tidak akan terjadi bila Anda datang ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang terletak di Jalan Teuku Umar, Pekanbaru. Dari tampilan halaman depannya, Puskesmas ini layaknya hotel berbintang. Dengan lapangan parkir yang cozy, teras yang eksotik, membuat orang-orang yang datang ke sini jadi tertarik. Kesan elegan bertambah dengan desain taman dan kolam ikan dengan air mancurnya yang gemerisik menggairahkan.

Itu belum seberapa. Bila masuk ke dalam Puskesmas ini, Anda akan melihat desain interiornya yang mirip seperti mal. Baik konter pendaftaran, tempat pengambilan obat, serta ruang tunggu, membuat pengunjung betah di sana. Jangan takut, kalau Anda membawa anak-anak, sambil menunggu antrean, si buah hati bisa bermain-main di arena playground yang disiapkan Puskesmas.

Tak cukup sampai di situ. Puskesmas ini juga memiliki mushalla yang keren. Mushalla tidak berdinding, langsung berpagar taman menarik di lantai atap. Di sini, Anda bisa shalat dengan nyaman, atau sekadar bercengkerama dengan pemandangan taman yang tertata rapi. O iya, di taman ini juga ada track batu refeleksinya juga loh.

''Karena tampilan dan suasananya membuat orang rileks, maka Puskesmas ini disebut juga dengan nama Puskesmas Wisata. Jadi, orang yang datang ke sini akan 'merasa' sembuh sebelum berobat. Secara sugesti, pasien yang sakit bila menemukan suasananya yang nyaman akan membuat sebagian penyakitnya hilang seketika,'' kata Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT.

Menurut sang arsitek, Doddy Anwar, Puskesmas ini memang dirancang menjadi pusat kesehatan yang memberi kenyamanan. Jauh dari kesan rumah sakit konvensional masa lalu. Tanpa mengurangi fungsinya sebagai tempat pelayanan kesehatan, desain Puskesmas ini patutlah menjadi acuan untuk pembangunan Puskesmas atau rumah sakit lainnya.

''Ini Puskesmas tematik. Sangat elegan. Sangat cozy bagi pengunjung. Nuansa Melayunya juga dapat,'' kata Doddy.