Waduh 71 persen E-KTP Belum Di Tebus Masyarakat Pekanbaru

Senin, 30 Juli 2012

(int)

PEKANBARU (RA)- Hingga kini masih sekitar 75 persen lagi E-KTP milik warga Pekanbaru yang belum di tebus, alias mengendap di Kantor Camat masing-masing. Jumlahnya mencapai 230.372 keping yang siap di bagikan tetapi belum juga di ambil pemilik.

Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru M.Noer, Senin (3/7) menyebutkan memang penebusan E-KTP masih minim. "Padahal kita sudah menerima sejumlah 323.371 keping e-ktp yang siap dari Kementrian dalam negri, jumlah ini baru sekitar 29 persen yang di ambil pemiliknya," ujarnya.

Minimnya penebusan ini diakui oleh M.Noer karena warga kurang antusias menebus KTP miliknya. Tidak seperti saat melakukan perekaman mereka begitu antusias hingga antrian panjang tidak terelakkan.

"Barang kali kini mereka berprinsip E-KTP miliknya selesai, dan tidak sempat mengambil akibat kesibukan-kesibukan," urainya.

Apalagi kini bulan puasa mereka lebih sibuk lagi, meski diakuinya jam kerja yang di tetapkan selama puasa berkurang dari biasa. Namun pihaknya tetap memberlakukan jam kerja seperti biasa bagi Tenaga Harian Lepas (THL).

"Untuk THL kita  pulangkan  pukul 16.00 wib, biar mereka bekerja lebih maksimal, meski puasa .Meski di aturan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), PNS Pemko Pekanbaru pulang pukul 15.00 wib," ujarnya.

Hal ini untuk mengantisipasi pelayanan bagi masyarakat yang masih padat dan antri. Terkhusus untuk pendistribusian E-KTP.

Ia juga menghimbau agar warga datang ke kantor camat masing-masing untuk mengambil E-KTP miliknya, tidak meski menunggu adanya panggilan dari pihak Kecamatan.

"Silahkan datang ke kantor camat masing-masing untuk mengambil E-KTP milik masing-masing karena tidak bisa di wakilkan," tandasnya.(RA5)