Satgas Covid-19 Pekanbaru Bakal Aktifkan Posyandu Lansia

Jumat, 26 November 2021

Zarman Candra

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggesa percepatan vaksinasi covid-19. Saat ini salah satu prioritas penerima vaksin adalah warga Lanjut usia (Lansia). 

Pemerintah kota melalui Satgas Covid-19 Pekanbaru bakal mengaktifkan posyandu bagi lansia. Pasalnya, Pemko Pekanbaru harus menyelesaikan target vaksinasi bagi lansia sebelum akhir tahun ini. 

"Kami akan mengaktifkan posyandu lansia. Di samping itu, kami juga akan menggelar vaksinasi di rumah ibadah seperti masjid," ujar Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Jumat (26/11/2021). 

Dirinya menyebut, nantinya para camat diminta berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 atau Dinas Kesehatan dalam pengaktifan posyandu lansia. Vaksinasi juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bus vaksinasi keliling.

"Saya minta para camat melibatkan ibu-ibu yang tergabung dalam Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) agar dapat mengikuti vaksinasi. Percepatan vaksinasi ini agar Pekanbaru bertahan di PPKM level 1," terangnya. 

Berdasarkan data Dinkes pada 21 November, lansia (di atas 60 tahun) yang telah divaksin dosis pertama 25.825 orang (36,7 persen). Vaksinasi kedua 20.329 orang (28,9 persen). Lansia yang belum vaksin lengkap 5.496 orang.