BI Siapkan 3 Trilun Uang Pecahan Untuk Ramadhan

Selasa, 24 Juli 2012

(int)

RIAU (RA)- Untuk lebaran tahun 2012 ini atau, 1433 Hijriah  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau . Menyiapkan uang pecahan sebanyak 3 Triliun.

Uang pecahan ini di peruntukkan bagi masyarakat Pekanbaru untuk salam tempel bagi anak-anak saat Idul Fitri.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Hari Utomo di dampingi oleh 11 perbankan di Riau, menyebutkan, untuk tahun ini pelayanan penukaran uang pecahan menyambut Idul Fitri akan ditingkatkan.

"Kalau selama ini penukaran hanya di lakukan di Kantor BI ditambah di kantor Bank lainnya, maka tahun ini di buka tiga pos pelayanan baru," ujarnya.

Kata Hari, tahun ini BI bekerjasama dengan 11 bank untuk melayani di 3 titik. Titik pertama dimulai di halaman parkir kantor BI.

"Jadwalnya sudah di mulai 23 Juli hingga 30 Juli, kemudian untuk titik ke dua di hal Mesjid Anur, di buka tanggal  30 Juli -3 Agustus, ketiga di halaman SPN Kota Pekanbaru di buka tanggal 6 - 10 Agustus," urainya.

Dipilihnya 11 bank ini didasarkan atas besaran nilai transaksi. "Waktu penukaran mulai pukul 09.30 wib hingga  11.30 wib. Selain waktu tersebut BI Juga akan menambah waktu penukaran dari  tanggal 13- 16Agustus," urainya.

Adapun ke 11 bank terlibat adalah, Bank Mandiri, Bank Riau -Kepri, BNI, BCA, Panin, Danamon, CimB Niaga,Bank Ekonomi, Bank  Bumi Putra,

Hari menambahkan, teknis pelaksanaan penukaran, masyarakat terlebih dahulu harus mengambil nomor antrian dan formulir isian rincian uang yang di butuhkan.

"Kita melayani tidak terbatas, meski demikian biasanya penukaran tertinggi hanya 5 juta," tandas Hari.

Untuk pengamanan di tiga tempat ini BI akan melibatkan pihak kepolisian.