Lima Bahaya Mengerikan Ketika Kamu Minum Teh Secara Berlebihan

Kamis, 22 Juli 2021

Ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Kalian semua pasti tahu dong jika minuman yang paling disukai masyarakat dunia bukan air putih, melainkan secangkir teh yang menghangatkan tubuh.

Meski menjadi minuman paling disukai kenyataannya teh bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh jika harus dikonsumsi setiap hari.

Dilansir dari Pojoksatu.id, yaps benar sekali, ada 5 bahaya mengerikan yang bakal mengincar kamu. Simak nih!

1. Gelisah

Selain menyebabkan susah tidur, kafein juga akan memberikan dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian orang merasa gelisah, cemas, dan tidak tenang karena kandungan kafein dalam teh.

Beberapa orang juga merasa pusing, sakit kepala, dan dada berdebar-debar sehingga tubuh pun jadi sangat tidak nyaman.

2. Ketergantungan

Jika kamu terbiasa mengonsumsi minuman berkafein, maka akan berisiko menyebabkan ketergantungan. Zat stimulan ini memang memiliki sifat candu sehingga kamu akan sulit untuk berhenti dan melepaskan kebiasaan itu.

Orang yang sudah ketergantungan akan mengalami kesulitan berkonsentrasi, lemas, dan sakit kepala ketika berusaha untuk mengurangi konsumsi minuman dengan zat stimulan tersebut.

3. Susah tidur

Tidak hanya kopi yang dianggap menyebabkan susah tidur. Teh juga sama karena teh mengandung kafein yang cukup tinggi.
Satu cangkir teh hitam dan teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein.

Meskipun kadar kafeinnya lebih sedikit dari kopi tapi kalau diminum terlalu banyak, maka risiko sulit tidur bisa kamu alami.

4. Anemia

Risiko lainnya adalah anemia. Hal ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah dalam penyerapan zat besi dan gangguan perdarahan, kebanyakan minum teh bisa memicu anemia.

Hal ini dikarenakan kandungan tanin pada tehh dan bisa mengganggu proses penyerapan zat besi pada tubuh.

5. Osteoporosis

Minum teh ternyata meningkatkan risiko osteoporosis karena berkurangnya kepadatan tulang.

Tulang yang sehat membutuhkan banyak kalsium, sedangkan minum teh hijau lebih dari tiga cangkir sehari bisa meningkatkan kadar kalsium yang terbuang dari tubuh melalui air seni.