Kamu Mau Menghentikan Kebiasaan Merokok, Pakai Cara Ini Yuk!

Ahad, 16 Mei 2021

Berhenti merokok (Foto: Monterey bay eye center)

Riauaktual.com - Jika Anda merasa kesulitan berhenti merokok, Anda dapat membuat perubahan kecil pada gaya hidup Anda yang dapat membantu Anda menahan godaan untuk merokok.

Seperti diketahui, merokok tidak baik untuk kesehatan. Banyak penyakit mengerikan seperti jantung, paru-paru, tenggorokan, akibat gaya hidup penuh rokok.

Dikutip dari NHS, berikut cara untuk berhenti merokok. Dicoba yuk!

 berhenti merokok

1. Berpikir positif

Anda mungkin pernah mencoba berhenti merokok sebelumnya dan tidak berhasil, tetapi jangan biarkan hal itu membuat anda kesal. Lihat kembali pengalaman tidak berhasil berhenti merokok dan pikirkan tentang bagaimana cara untuk mengatasinya.

2. Buatlah rencana untuk berhenti merokok

Buat target, tentukan tanggal, dan patuhi itu. Tetap berpegang pada aturan "bukan hambatan (not a drag)" bisa sangat membantu. Kapan pun anda menemukan kesulitan, katakan pada diri sendiri, "Aku bahkan tidak akan memiliki satu hambatan pun", dan pertahankan ini sampai keinginan itu berlalu.

3. Pertimbangkan diet Anda

Sebuah penelitian di AS mengungkapkan bahwa beberapa makanan, termasuk daging, membuat rokok lebih nikmat. Sebaliknya keju, buah dan sayuran, membuat rasa rokok tidak enak. Jadi tukar steak atau burger biasa Anda dengan pizza vegetarian.

4. Ganti minuman Anda

Studi AS yang sama seperti di atas juga mengamati minuman. Minuman bersoda, alkohol, cola, teh, dan kopi membuat rokok terasa lebih enak. Jadi saat anda keluar, minumlah lebih banyak air dan jus. Beberapa orang merasa hanya dengan mengubah minuman mereka misalnya, beralih dari anggur ke vodka dan jus tomat, memengaruhi keinginan mereka untuk merokok.

 5. Kenali kapan Anda mendambakan rokok

Menunda keinginan merokok selama 5 menit. Buat daftar strategi 5 menit. Misalnya, anda bisa meninggalkan pesta sebentar, berdansa, atau pergi ke bar. Dan pikirkan juga tentang ini, kombinasi merokok dan minum alkohol meningkatkan risiko terkena kanker mulut sebanyak 38 kali lipat.

6. Ayo bergerak

Sebuah tinjauan studi ilmiah telah membuktikan bahwa olahraga, bahkan berjalan kaki 5 menit atau peregangan, mengurangi keinginan merokok.

7. Bertemanlah dengan orang-orang non-perokok

Saat Anda berada di sebuah pesta, tetaplah dengan non-perokok. "Saat Anda melihat para perokok, jangan iri pada mereka," kata Louise, 52, mantan perokok. "Anggap saja apa yang mereka lakukan agak aneh - menyalakan tabung putih kecil dan menghirup asap."