Wah! Berlian Terbesar asal Australia Dilelang, Harganya Mulai dari Rp13,5 MIliar

Kamis, 22 April 2021 - 09:02:13 WIB

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Riauaktual.com - CINCIN berlian terbesar Australia diperkirakan akan dilelang lebih dari USD 1 juta pada lelang bergengsi. Batu utama memiliki berat 25 karat, dengan berlian berbentuk zamrud persegi.

Batu ini diharapkan dapat memecahkan rekor saat dilelang di Woollahra, di timur Sydney yang diadakan pada pukul 6 sore.

Berlian itu diperkirakan bernilai USD 990.000- USD 1,2 juta atau setara dengan Rp13,5 Miliar. Berlian ini menjadi yang termahal yang pernah ditawarkan di Australia dan ratu dari semua cincin pertunangan.

Batu yang “spektakuler” tersebut dipotong dari kasar 47.961 karat, dan ditambang di Tundra Kanada yang saat ini terdaftar untuk dijual oleh investor lokal.

Jika dibandingkan dengan cincin pertunangan para selebritis, berlian tersebut memiliki kualitas yang luar biasa, yang melebihi milik Kim Kardashian (15 karat), Meghan Markle (6 karat) dan Jennifer Lopez (15 karat). Pita cincin itu dihiasi dengan garis berlian baguette sekitar 3,25 karat.

Kepala rumah lelang Leonard Joel untuk perhiasan penting, Hamish Sharma mengatakan bahwa cincin berlian itu termasuk barang yang sangat langka. Seperti yang dilansir dari 9News, Mr Sharma yang telah berkecimpung di industri perhiasan selama 40 tahun, mengatakan, berlian ini adalah yang paling menakjubkan yang pernah dilihatnya.

“Anda memiliki ukuran berlian, 25 karat sangat besar dan Anda memiliki kualitas kejernihan yang sempurna. Itu kelangkaan dan tentu saja keindahan batunya,” katanya seperti yang dilansir dari 9News.

Penjual cincin berlian ini adalah mantan karyawan Australia yang kaya, yang membeli berlian beberapa bulan lalu sebagai investasi, dan saat ini ingin menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Terdapat minat yang tinggi di antara sejumlah investor untuk membeli berlian tersebut. Calon pembeli diperkirakan mulai dari usia yang termuda hingga tertua.

“Berlian diakui sebagai aset,” kata Sharma, seperti yang dilansir dari 9News.

Menurut tradisi lama, pria akan membeli cincin pertunangan wanita dengan gajinya selama 3 bulan. Laporan industri pernikahan Australia di tahun 2020 menemukan bahwa rata rata pasangan Australia menghabiskan $ 5367 atau setara dengan Rp60,5 jutaan untuk membeli cincin pertunangan.