Bagian Mobil yang Perlu Dibersihkan agar Bebas dari COVID-19

Kamis, 22 April 2021

Foto: Shutterstock

Riauaktual.com - Di masa pandemi ini mengendarai mobil pribadi menjadi pilihan sebagian orang karena dinilai dapat menjadi salah satu cara menangkal COVID-19. Sebab tidak perlu berkerumun seperti saat menggunakan moda transportasi umum.

Namun agar benar-benar memastikan terhindar dari COVID-19, mobil pribadi pun juga perlu perawatan yang intens, terutama di bagian interiornya karena bisa saja ada virus yang menempel di sana.

Untuk itu, berikut adalah bagian-bagian di dalam interior mobil yang perlu rutin dibersihkan agar pengemudi dan penumpang bebas dari COVID-19 seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Setir Mobil

Rata-rata pengendara menghabiskan waktu 3-4 jam di dalam mobil sehingga tak heran bila setir mobil merupakan salah satu bagian interior yang pasti disentuh. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan jumlah bakteri di setir mobil 19 kali lebih banyak dibandingkan toilet.

Dengan kenyataan tersebut, setir mobil perlu dibersihkan secara rutin agar bebas dari virus Corona. Untuk membersihkannya disarankan menggunakan cairan pembersih yang mengandung sabun, namun jangan menggunakan bahan pemutih karena bisa merusaknya.

2. Area yang Sering Disentuh Tangan

Selain setir mobil, bagian interior lain yang kerap disentuh saat berkendara adalah door handle, tuas transmisi, tuas rem tangan, dan tombol-tombol (termasuk panel layar sentuh atau area sekitar head unit). Area-area tersebut wajib dibersihkan agar bisa tetap steril dari virus.

Sandaran lengan (arm rest) serta pengatur posisi jok (seat adjusters) juga tak luput menjadi bagian di dalam interior mobil yang kerap disentuh. Selain itu, tuas penggerak wiper, tuas lampu sein, dan seat belt juga kerap disentuh sehingga wajib dibersihkan secara rutin.

3. Dashboard Mobil

Pengemudi sering menaruh barang di dashboard mobil. Barang yang sering diletakan di dashboard mobil antara lain kotak tissue, handphone, kartu parkir ataupun kartu uang elektronik. Kadang sebelum meletakan di dashboard, pengemudi seringkali lupa untuk membersihkan barang-barang tersebut, sehingga dashboard mobil rentan menjadi tempat bersarangnya virus dan harus rutin dibersihkan secara berkala.

Untuk membersihkannya, cukup menggunakan bahan pembersih sabun biasa. Jangan menggunakan bahan pembersih yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kerusakan material atau meninggalkan noda di permukaan dashboard.

4. Kaca dan Spion

Kaca interior depan, samping, dan spion tengah di dalam mobil juga wajib dibersihkan secara rutin. Pasalnya, virus dan bakteri termasuk virus Corona juga bisa menempel di kaca.

Cara membersihkannya pun tak perlu menggunakan cairan disinfektan yang bisa merusak interior mobil, cukup menggunakan larutan sabun yang lebih ringan sehingga virus bisa diminimalisir dan kaca mobil tetap terawat.

5. Karpet dan Jok Mobil

Tak hanya bagian yang tersentuh tangan, bagian yang tersentuh kaki seperti karpet mobil juga bisa menjadi sumber penyebaran virus dan penyakit. Namun karena biasanya berbahan karet maka membersihkannya cukup mudah.

Selain itu, jok juga merupakan bagian di dalam mobil yang perlu rutin dibersihkan. Pembersihan dapat dilakukan dengan sabun dan air bersih maupun menggunakan vacuum cleaner yang memiliki teknologi UV. Sangat tidak disarankan menggunakan pembersih berbahan dasar alkohol karena bisa merusak karpet dan jok mobil.

6. Bagasi

Terakhir bagian interior mobil yang perlu dibersihkan adalah bagasi. Pengemudi kerap menaruh banyak barang di bagasi, misalnya barang belanjaan, alat olahraga, koper dan perkakas di tempat tersebut. Selain barang-barang tersebut, pengemudi juga kerap meletakkan barang dari luar yang kotor dan lupa dibersihkan ke dalam bagasi mobil sehingga barang-barang tersebut dapat mungkin menjadi sumber penyebar virus yang berbahaya. Maka dari itu, bagasi juga perlu secara rutin dibersihkan.

Membersihkan seluruh bagian interior di dalam mobil tersebut dapat dilakukan menggunakan alat-alat kebersihan standar untuk mobil. Selain rutin membersihkan mobil, alangkah baiknya bila sebelum masuk ke dalam mobil, Anda mencuci tangan atau mengunakan hand saitizer dan membersihkan barang bawaan Anda terlebih dahulu, sehingga mengurangi resiko virus terbawa masuk kedalam mobil Anda..

 

 

 

Sumber: Detikcom