Sempena Hari Kartini, Istri Bupati Siak Rasidah Alfedri Mencontohkan Tengku Agung Sultanah Latifah

Rabu, 21 April 2021

Istri Bupati Siak, Rasidah Alfedri.

Riauaktual.com - Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia selalu memperingati hari Kartini.

Dalam sejarah, Raden Ajeng Kartini ini adalah salah satu pahlawan nasional yang dikenal memiliki semangat kuat untuk memperjuangkan emansipasi wanita. 

Perjuangan RA Kartini itu, menjadi motivasi bagi istri Bupati Siak, Rasidah Alfedri. Saat ini, hari-harinya dihabiskan untuk mendampingi suaminya untuk melayani masyarakat Kabupaten Siak.

Dalam pandangan Rasidah, visi dan misi perjuangan RA Kartini ini memiliki kesamaan dengan perjuangan Tengku Agung Sultanah Latifah, yakni sang permaisuri Sultan Syarif Kasim II.

Berdasarkan catatan sejarah, Tengku Agung Sultanah Latifah merupakan pendiri Latifah School.

Hal ini diungkapkan oleh Rasidah Abdulgani. Kata dia, ia berharap para wanita di Kabupaten Siak bisa mencontohi dua wanita yang diceritakannya tersebut.

"Kami berharap kaum perempuan di Kabupaten Siak mampu mencontoh sosok Kartini maupun  Tengku Agung Syarifah Latifah," sebut Istri bupati Siak tersebut, Rabu (21/04).

Rasidah menginginkan, perempuan Siak harus memiliki semangat juang dalam membangun keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara serta memajukan generasi penerus. 

"Sehingga nantinya muncul Kartini-Kartini baru di negeri melayu ini," harapnya.

Menurut dia, sosok permaisuri Tengku Agung Syarifah Latifah merupakan pejuang pendidikan yang harus diteladani oleh generasi milenial saat ini.

Oleh karena itu kata dia, kaum hawa di Siak bisa meniru perjuangan dari Syarifah Latifah, agar sejajar dengan pria tapi tidak lantas melupakan kodratnya.

Istri Bupati Siak ini tak lupa menyampaikan ucapan selamat Hari Kartini. 

“Meskipun ditengah Pandemi Covid-19 kami tidak lupa hari bersejarah ini. Oleh karena itu, atas nama TP PKK Kabupaten Siak dan pribadi kami mengucapkan selamat hari Kartini," pungkasnya. (Inf)