UKW Angkatan XV PWI Riau, Lima Wartawan Belum Kompeten

Kamis, 08 April 2021 - 18:39:28 WIB

Riauaktual.com - Sebanyak 84 orang wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan di Negeri Istana Kabupaten Siak mulai Rabu (7/4/2020).

84 wartawan yang ikut UKW ini dibagi dalam dua angkatan yakni angkatan XV dan XVI dengan kategori muda, madya dan utama.

Untuk UKW angkatan XV yang awalnya diikuti 42 orang wartawan, menjelang hari H pelaksanaan, 1 orang peserta mengundurkan diri. Dan akhirnya, yang memastikan diri ikut UKW PWI Riau bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS ini diikuti 41 orang wartawan yang dibagi dalam 7 kelas. Yakni 3 kelas muda, 3 kelas madya dan 1 kelas utama. 

Setelah dua pelaksanaan, angkatan XV ditutup oleh perwakilan PWI Pusat, Kamis (8/4/2021). Dari 41 peserta tersebut, 36 peserta dinyatakan kompeten dan 5 peserta lagi dinyatakan belum kompeten.

Sementara UKW Angkatan XVI yang diikuti 42 peserta lagi, akan dilaksanakan Jumat (09/04/2021).

"Pada angkatan XV ini, ada 42 peserta yang terdiri dari jenjang Muda, Madya dan Utama. Untuk angkatan XVI nanti juga ada 42 peserta. Dan setelah Idul Fitri nanti juga akan ada UKW untuk angkatan XVII dengan total keseluruhan 150 peserta. Dan Alhamdulillah 120 peserta disuport SKK Migas dan KKKS. Sehingga teman-teman bisa mengikuti UKW tanpa dipungut biaya pendaftaran," beber Ketua PWI Provinsi Riau Zulmansyah Sekedang seraya menyampaikan rasa hormat kepada Pemkab  Siak dan SKKMigas Sumbagut bersama KKKS dan seluruh pihak yang sangat berkontribusi besar dalam membantu terselenggaranya UKW ini.

Dengan adanya kesempatan yang baik itu, kata Zulmansyah, kepada seluruh peserta diharapkan dapat bersungguh-sungguh mengikuti rangkaian UKW agar lulus dengan nilai yang baik.

"Kalau ikut pribadi, UKW ini biasanya biayanya sampai Rp3,5 jutaan. Itu dulu, zaman saya ikut UKW. Jadi semangat untuk lulus, buktikan bahwa kita kompeten. Target PWI Riau dalam 3 tahun ke depan 500 orang lagi anggota PWI di Riau yang kompeten. Saat ini dari 1.114 anggota PWI se-Riau, baru 500 yang sudah kompeten," ujar Zulmansyah seraya menyatakan optimis peserta yang ikut akan lulus semua. Dan tidak perlu grogi selama UKW berlangsung dan tetap mengutamakan kedisiplinan. *