Minat Jadi Sekdaprov Riau? Berikut Syaratnya..

Senin, 05 April 2021

Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi Riau tengah membuka pendaftaran seleksi terbuka untuk mengisi jabatan tinggi madya atau calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau. Pembukannya dimulai, Senin (5/4/2021). 

Katua Pansel assement Sekdaprov Riau, M Yafiz menyebutkan, pembukaan seleksi Sekdaprov Riau ini diputuskan sesuai surat nomor pengumuman yang dikeluarkan oleh tim Panitia seleksi (Pansel) assesment Sekdaprov Riau, nomor 04/Pansel/JPTM/2021.

M Yafiz, menjelaskan, pihaknya membuka pendaftaran calon Sekdaprov Riau ini secara terbuka. Bagi kalangan Pegawai Negri Sipil, maupun pendaftar dari pusat maupun yang ada didaerah. 

''Bagi PNS yang ingin mendaftar diwajibkan harus memiliki pangkat pembina utama madya golongan IV C,'' jelas Yafiz.

Pendaftaran ini, dikatakan Yafiz, terbuka untuk peminat dari seluruh Indonesia. Tentunya, dengan melengkapi syarat yang ditetapkan.

Bagi yang minat jelas Yafiz, baiknya si pelamar terlebih dahulu memenuhi syarat sebagai berikut, diantaranya pelamar harus berusia maksimal 58 tahun. Si pelamar juga harus sedang atau pernah menduduki jabatan pejabat tinggi pratama atau jabatan fungsional jenjang ahli utama.

''Paling singkat pernah menjabat 2 tahun,'' jelas Yafiz.

Syarat lainnya, bagi pelamar juga harus memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait. Misalnya, jabatan yang akan diduduki paling singkat tujuh tahun.

Pelamar juga diharuskan memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai dengan standar kompetensi. 

Selanjutnya, bagi pelamar juga harus memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik. Sehat jiwa dan fisik, dan telah mengikuti dan lulus diklat kepemimpinan tingkat II, dan diutamakan telah mengikuti dan lilus diklat kepemimpinan tingakt I. Atau telah mengikuti dan lulus diklat fungsional ahli utama untuk pemangku jabatan fungsional ahli utama.

Syarat terpenting, bagi pelamar sebelumnya tidak pernah dijatuhii hukuman disiplin tingkat sedang dan atau berat. Selanjutnya, pelamar juga harus mendapatkan rekomendasi persetujuan untuk melamar dari pejabat pembina kepegawaian. 

''Si pelamar juga harus menyampaikan LHKPN/LHKASN terakhir, telah menyampaikan SPT pajak tahun terakhir,'' ungkap Yafiz.

Menurut Yafiz, bagi pelamar yang berminat dan memiliki semua kriteria tersebut, dipersilahkan mendaftar dengan membukanya di web bkd.riau.go.id. 

''Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 5 sampai dengan 9 April 2021. Sedangkan, untuk pengumuman hasil seleksi administrasi pada tanggal 12 April, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultur 14-16 April, pengumuman hasil seleksi manajerial 26 April, penulisan makalah 28 April, penguman dan wawancara akhir 29-30 April. Pengumuman nilai akhir 3 Mei, dan tes kesehatan jiwa dan fisik 4 April,'' jelas Yafiz.

Dalam prosesnya, sebut Yafiz, untuk melakukan proses seleksi ini. Proses seleksi baru dapat dilakukan, jika   pendaftar paling sedikit itu 3 orang.

''Siapa pun boleh daftar tapi sesuai dengan syarat yang telah ditentukan,'' pungkasnya.