Rumah Ketua LAM Riau Digeruduk, Tak Terima Keluarga Buat Laporan ke Polisi

Kamis, 25 Maret 2021

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang (ist)

Riauaktual.com - Rumah Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Syahril Abu Bakar didatangi sejumlah massa. Tidak terima, pihak keluarga langsung membuat laporan ke polisi.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang dikonfirmasi membenarkan adanya sejumlah orang mendatangi rumah Datuk Syahril Abu Bakar. Mereka datang, Selasa (23/3) pukul 16.00 WIB.

"Benar, ada sejumlah orang datang ke rumah pengurus LAM  Riau (Datuk Syahril Abu Bakar). Ada pengancaman dan telah dilaporkan kemarin," kata Nandang saat dikonfirmasi, Kamis (25/3/2021).

Nandang menyebut massa yang datang ke rumah meminta Datuk Syahril Abu Bakar segera mengesahkan SK Kepengurusan di LAM Pekanbaru. Tetapi kedatangan massa ke rumah membuat keluarga resah dan tak terima.

"Dilaporkan oleh Febri Praja (putra Datuk Syahril Abu Bakar). Laporan atas dugaan pengancaman," jelas Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Juper Lumban Toruan.

Usai mendatangi rumah Datuk Syahril Abu Bakar, massa yang berkisar 10 orang itu juga mendatangi Balai Adat LAM Riau di Jalan Diponegoro. 

Di sana, massa meminta hal yang sama agar Ketua MKA LAM Riau Datuk Al Azhar dan Ketua DPH LAM Riau Datuk Syahril segera mengesahkan hasil Munaslub 24 Januari lalu.

"Mereka minta pengurus LAM Riau Kota Pekanbaru disahkan. Minta SK pengurus ditandatangani, ya ada kata-kata massa yang membuat keluarga tidak terima dan melaporkan," kata Juper.

Namun demikian, Juper mamastikan tidak ada tindakan kekerasan saat massa datang ke rumah Datuk Syahril dan Balai Adat. 

"Tidak ada kekerasan, hanya ucapan saja mungkin yang dirasa kurang pas. Sehingga membuat laporan," sebutnya. (JA)