Jual Karya Seni Digital, Pacar Elon Musk Raup Rp 82 Miliar dalam 2 Hari

Jumat, 12 Maret 2021

Foto: GettyImages

Riauaktual.com - Kekasih miliuner Elon Musk, Grimes baru-baru ini menjual karya seni dan menghasilkan uang US$ 5,8 juta atau sekitar Rp 82 miliar hanya beberapa jam setelah penjualannya. Secara teknis, karya seni tersebut bahkan tidak bisa digantung atau disentuh.

Musisi 32 tahun itu membuat karya seni digital yang dikenal dengan sebutan cryptoart. Grimes membuat karya seni tersebut bersama kakaknya Mac. Gambar digital tersebut pun habis terjual.

Grimes membuat 10 karya seni yang dilelang di Twitter. Dalam waktu 48 jam, koleksi seni yang berjudul WarNymph itu habis terjual.

Koleksi gambar digital itu dijual mulai dari harga US$ 7.500 sampai US$ 389 ribu. Koleksi tersebut terjual sampai ratusan copy.

Seni virtual menggunakan teknologi yang sama dengan BitCoin. Harganya sangat mahal karena dilengkapi dengan tanda terima digital yang disebut NFT, kependekan dari token tidak dapat ditukarkan yang bertuliskan tanda tangan artis yang membuktikan keasliannya.

Karya seni digital tampaknya akan menjadi tren. Sejumlah seniman pun telah beralih ke pasar digital yang bisa membuat para seniman bisa menjadi miliuner dalam waktu semalam.

Seperti dikutip dari Daily Star, salah satu seniman bernama Brendan Dawes mengungkapkan bahwa dia kini memiliki penghasilan yang besar dari karya seni digital yang dijualnya. Penggemar seni merasa diuntungkan dengan keaslian karya seni tersebut, meski barangnya tidak ada secara nyata.

"Ide bahwa benda-beda digital tidak berharga karena tidak bisa dipegang, tapi itu berarti kamu memiliki karya asli, dan tidak masalah jika direplikasi," ungkap Brendan.

 

 

Sumber: Wolipop.detik.com