Lima Hal yang Dipercaya Datangkan Hoki Sebelum dan saat Hari Raya Imlek

Rabu, 10 Februari 2021

Hari Raya Imlek (Foto: People)

Riauaktual.com - Hari Raya Imlek yang jatuh pada Jumat 12 Februari 2021 sudah di depan mata. Mempersiapkan diri untuk menyambut hari yang spesial tersebut adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan mulai dari saat ini.

Masyarakat Tionghoa percaya, beberapa kebiasaan khusus yang dilakukan menjelang dan saat Hari Raya Imlek bakal membawa keberuntungan bagi kehidupan seseorang. Merangkum dari Gawin, Rabu (10/2/2021), berikut 10 kegiatan yang membawa keberuntungan menjelang Imlek.

 

 membersihkan rumah

1. Membersihkan rumah, tapi bukan pada saat hari Imlek

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa membersihkan seluruh rumah akan menghilangkan nasib buruk dari tahun lalu. Mereka juga percaya bahwa bersih-bersih memberi wanita keberuntungan lebih banyak ruang untuk ditempati di rumah.

Inilah sebabnya kebiasaan membersihkan rumah dilakukan sebelum Malam Imlek. Namun, menyapu atau membersihkan lantai tepat pada hari Imlek dianggap membawa sial karena dipercaya akan menyapu keberuntungan.

2. Mendekorasi rumah

Menghias rumah dengan petasan plastik, menjelang Imlek, dikatakan dapat menakuti roh jahat yang ingin membawa nasib buruk. Menaruh jeruk, pomelo, dan jeruk keprok juga melambangkan kelimpahan dan kemakmuran untuk tahun mendatang.

3. Melunasi semua hutang

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, sebelum Malam Imlek, sebaiknya telah membayar semua iuran dan pastikan juga telah melunasi semua hutang. Jika tidak, hutang akan terus mengikuti dan menghantui di tahun depan.

4. Dilarang menyebut angka 4

Selama Hari Raya Imlek, masyarakat Tionghoa menganggap mengucapkan angka empat dapat menyebabkan ketidak beruntungan. Penyebutan angka empat terdengar seperti bahasa China yang mengartikan ‘kematian’.

Mengucapkan nomor tersebut dengan lantang dan berulang kali dianggap memanggil ‘kematian’ untuk memasuki rumah. Jadi sebaiknya temukan cara kreatif untik mengucapkan angka itu.

5. Menyalakan petasan tepat di tengah malam

Petasan melambangkan berakhirnya tahun tua dan menyambut Tahun Baru dengan tangan terbuka. Suara keras dari petasan yang meledak dikatakan dapat mengusir roh jahat yang tidak diinginkan dari rumah.