Coba Jambret Gelang Emas, Pelajar di Pekanbaru Ditangkap Warga

Selasa, 09 Februari 2021

Riauaktual.com - Warga Jalan Garuda Sakti berhasil menggagalkan aksi jambret pada Sabtu (6/2/2021), satu pelaku berhasil ditangkap dan diserahkan ke pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Tampan. 

Yakni JRA alias Reihan, remaja 18 tahun itu dijemput pihak kepolisian dalam keadaan sedikit babak belur, lantaran mendapat 'bogem' dari warga setempat. 

Dalam aksinya, pelaku yang masih berstatus pelajar ini tidak sendiri. Dia beraksi bersama tiga rekan lainnya, FR, MA, dan DJ yang berhasil melarikan diri. 

"Satu berhasil diamankan, tiga lainnya masih dalam pengejaran. Mereka menjambret ibu rumah tangga," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, melalui Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita, Selasa (9/2/2021). 

Diterangkan Ambarita, peristiwa itu dilakukan para tersangka terhadap korbannya, Samsinar (46) di Jalan Garuda Sakti, Km 1. Saat itu korban baru saja pulang dari pesta. Ia mengendarai sepeda motor bersama anaknya yang masih berumur 11 tahun. 

Ketika melewati Jalan Garuda Sakti dan ingin berbelok memutar ke gang rumah korban, tiba-tiba korban di pepet oleh para tersangka yang juga menggunakan dua sepeda motor. 

Tersangka DJ langsung menarik gelang emas yang ada ditangan kiri korban, dan akibat tarikan tersebut korban jatuh. Lutut korban membiru serta tangan kiri memar dan bengkak akibat terjatuh. 

"Tersangka ini sebagai joki atau yang bawa motor. Yang narik tersangka DJ," terang Kapolsek. 

Gelang emas dengan berat 10 gram milik korban yang ditarik pelaku sempat putus dan berhasil diambil tersangka. Namun warga sekitar berusaha menolong dan mengejar tersangka. 

Salah seorang warga yang mengejar langsung menabrak pelaku untuk menghentikan pelaku sehingga tersangka terjatuh. Tersangka dapat diamankan dan tiga lainnya melarikan diri. 

Pengakuan dari tersangka yang masih berstatus pelajar di salah satu SMA Pekanbaru ini, ia telah melakukan aksi jambret sebanyak 9 kali di lokasi lainnya sejak setahun terakhir. 

Selain tersangka, turut diamankan barang bukti berupa satu sepeda motor merk Yamaha NMAX warna hitam, BM 4865 AAN dan sebilah pisau atau badik milik tersangka. (RAL