Berikut Tiga Waktu Terbaik Makan Yogurt

Selasa, 09 Februari 2021

Manfaat yogurt (Foto: Pixabay)

Riauaktual.com - YOGURT merupakan asupan bernutrisi yang dihasilkan dari olah susu. Yogurt biasa dikonsumsi sebagai camilan sehari-hari maupun di kala diet.

Manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan tubuh banyak dijadikan pilihan untuk melancarkan pencernaan. Namun tahukah Anda, ternyata ada waktu terbaik makan yogurt. Ini berkaitan erat dengan fungsinya yang dapat bekerja lebih optimal.

Kapan saja waktu terbaik mengonsumsi yogurt? Simak penjelasannya berikut ini, seperti dikutip dari laman Hewise.

1. Sesudah makan

Yogurt merupakan makanan penutup terbaik, apalagi saat dimakan 1 hingga 2 jam setelah makan. Yogurt akan mengencerkan getah lambung dan mengkonsentrasi asam laktat untuk berkembang. Sebaliknya, hindari makan yogurt sebelum makan karena akan membuat kenyang yang singkat sehingga bisa berakibat pada pola makan.

Yogurt. (Foto: Topntp26/Freepik)

2. Malam hari

Rasa lapar pada malam hari bisa diganjal dengan yogurt. Ini karena kalorinya yang rendah, sehingga tidak perlu khawatir akan bertambahnya berat badan. Protein yang dikandungnya juga terbukti bisa menghambat perkembangan otot tanpa lemak. Tapi perlu perhatian khusus pada label makanannya untuk mengukur kadar gula yang ditambahkan.

3. Setelah berolahraga

Tubuh yang lelah setelah olahraga pastinya membutuhkan asupan untuk bisa pulih. Ini harus dipasok dengan kombinasi karbohidrat dan protein yang bisa didapatkan dari memakan yogurt. Selain itu, ada lagi nutrisi lain seperti kultur bakteri sehat, kalsium, dan mineral. Penting sekali untuk meredakan tegang otot, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Yogurt merupakan minuman olahan susu fermentasi yang berasal dari susu apa saja atau sari kacang kedelai. Menurut ahli, minuman ini sudah boleh dikonsumsi sejak bayi sekitar 6 bulan hingga orang dewasa.

Walaupun memiliki rasa yang sedikit asam, minuman ini mengandung banyak khasiat. Yogurt telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis, serta membantu menyeimbangkan berat badan. Tak jarang minuman ini dikonsumsi sebagian orang untuk diet.

Seperti dilansir dari Healthline, simak ulasan manfaat yogurt bagi kesehatan berikut ini.

 yogurt

 

1. Kaya akan nutrisi

Yogurt telah dikenal banyak orang karena mengandung banyak kalsium dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Yogurt mengandung vitamin B yang tinggi, terutama vitamin B12 dan riboflavin yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan cacat saraf tertentu.

Yogurt juga diperkaya akan vitamin D untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi. Satu cangkir yogurt dapat memenuhi 49% kebutuhan harian kalsium, 38% kebutuhan harian fosfor, 12% kebutuhan harian magnesium, dan 18% kebutuhan harian kalium Anda.

2. Tinggi protein

Yogurt mengandung sekitar 12 gram per 7 ons protein di dalamnya. Hal ini berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh dan mengatur nafsu makan, sehingga berat badan dapat terkontrol.

3. Mengandung probiotik

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa penelitian telah menemukan, bahwa probiotik dapat mengatasi diare serta sembelit.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sifat peningkat kekebalan dari yogurt karena magnesium, selenium, dan sengnya, merupakan mineral yang dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa, probiotik dan vitamin D yang terkandung juga dapat membantu mencegah flu.

5. Mencegah osteoporosis

Semua vitamin dan mineral yang terkandung dalam yogurt sangat membantu mencegah osteoporosis. Sebuah penelitian menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya tiga porsi makanan olahan susu, seperti yogurt setiap hari, agar dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang.

6. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa asupan lemak jenuh dari yogurt dapat meningkatkan kolesterol HDL "baik", yang dapat melindungi kesehatan jantung. Yogurt juga telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mengatur berat badan

Protein dan kalsium yang bekerja sama dalam yogurt berfungsi untuk mengurangi nafsu makan. Penelitian menemukan bahwa sebagian orang yang mengonsumsi yogurt secara teratur cenderung dapat mengatur nafsu makan dengan baik. Hal ini terjadi karena kandungan gizi pada yogurt lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalorinya.