Semburan Gas Kejutkan Para Santri Pondok Pesantren Al-Ihsan Pekanbaru

Kamis, 04 Februari 2021

Riauaktual.com - Semburan gas terjadi di pondok pesantren Al-Ihsan, Jalan Abdurahman, Kecamatan Tenayan Raya, Kamis (4/2) sekitar pukul 13.30 wib.

Kejadian itu sontak mengejutkan para santri yang tengah belajar dan menjadi perhatian warga, sehingga petugas keamanan setempat harus memortal lokasi masuk pesantren.

Kepala Sekolah Pesantren Al-Ihsan Untung Wahyudi, mengatakan, lokasi semburan gas berada dilokasi penggalian sumur bor.

"Memang lokasi semburan gas tengah dilakukan penggalian sumur bor. Semburan berada di samping ruangan kelas santri,"  jelasnya.

Melihat semburan gas yang mengeluarkan suara serta menyemburkan pasir serta debu, para santri langsung di ungsikan ke masjid yang lokasinya cukup jauh dari lokasi semburan.

"Rencana untuk sementara seluruh santri yang berjumlah 34 orang kita evakuasi ke pondok pusat yang ada di Kubang," bebernya.

Sementara, Ramadan yang merupakan salah satu tukang penggali sumur menjelaskan pengerjaan sumur ini telah berjalan sejak Senin (01/02) kemarin. 

"Hari ini sudah selesai kita sudah dapat air dan saat menarik pipa ke atas terjadilah semburan itu," ujarnya.

Dikatakannya, kedalaman sumur ini mencapai 115 meter yang awalnya dikerjakan bersama lima orang anggota yang lainnya. 

"Awalnya mengeluarkan bunyi, kemudian semburan makin kencang, alat kita juga sempat terbang karena kena semburan. Hari ini kita bertiga bekerja dan langsung lari melihat adanya semburan gas tadi," bebernya.

Sementara menurut Peltu Ferry HS selaku Dan Pos Ramil Tenayan Raya menerangkan kejadian semburan gas di pondok pesantren ini merupakan kejadian yang kelima kalinya di wilayah tenayan Raya. Sebelumnya kejadian serupa juga sempat terjadi.

"Ini yang kelima kalinya terjadi semburan gas di wilayah kami. Dulu sudah ada kejadian serupa. Biasanya dalam tiga hari berhenti sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang menangani perkara ini.

Sekedar diketahui lokasi terjadinya semburan gas ini terletak kurang lebih 500 meter dari pusat perkantoran Walikota Pekanbaru yang berada di Tenayan Raya. (RL)