PLN Benarkan 5 Daerah di Riau Belum Bayar Tagihan Listrik

Selasa, 02 Februari 2021

Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Manager PLN UP3 Pekanbaru, Himawan Sutanto menyebut, ada 5 daerah di Riau yang nunggak bayar tagihan listrik. Kelima daerah nunggak bayar listrik antara lain Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Siak dan Pelalawan. Nilai tunggakan tertinggi yakni Kampar mencapai Rp 18 miliar lebih.

"Iya (ada 5 daerah) saya tidak bisa menjelaskan secara rinci daerah mana dan berapa saja jumlah tunggakannya. Prinsipnya kami imbau pelanggan untuk segera dilunasi," kata Himawan, Selasa (2/2).

Himawan tidak tahu kapan pelanggannya itu akan menbayar tunggakan. Dia masih menunggu pelunasan dari pemda setempat. Seperti contoh, tunggakan dari Pemkot Pekanbaru yang menyebabkan lampu jalan padam beberapa waktu lalu, itu sudah dibayarkan.

"Ketika tak melunasi sebelum tanggal 20 setiap bulan, tentu kami lakukan pemutusan tapi kalau sudah dibayar, kami sambung dan hidupkan kembali," ucap Himawan.

Tak hanya itu, tunggakan listrik Pemkab Siak sekitaran Rp 300 juta lebih, Himawan mengatakan sudah dibayarkan secara bertahap. Maka aliran listrik yang sempat diputus itu segera dinyalakan.

"Kalau yang di Siak itu sebagian besar sudah dilunasi, jadi kalau yang masih padam itu belum dilakukan pelunasan " kata Himawan.

Namun jika tunggakan listrik terjadi di rumah sakit atau tempat pelayanan publik, Himawan menyamlaikan pihaknya tidak memutus jaringan listrik di tempat itu.

"Biasanya kita bedakan perlakukan untuk instalasi layanan publik, seperti rumah sakit, puskesmas. Karena ini selalu kita komunikasikan," kata Himawan.

Sebelumnya, tunggakan listrik sempat menjadi perhatian warga Pekanbaru dan Siak. Sebab, Pemkot Pekanbaru dan Pemkab Siak menunggak bayar tagihan hingga berujung pemutusan sementara lampu penerangan jalan di beberapa ruas jalan di Pekanbaru. (SAN)