Pilkada Kuansing, Anak Mantan Bupati Kalahkan 2 Paslon Petahana

Selasa, 15 Desember 2020 - 11:20:53 WIB

Andi Putra Saat Membuka turnamen bola voly (Istimewa)

Riauaktual.com - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra-Suhardiman Amby menang telak. Kedua mantan anggota DPRD ini mengungguli dua pasang petahana Bupati dan Wakil Bupati Kuansing yang masih menjabat saat ini, yakni Mursini dan Halim. Kedua petahana itu pecah kongsi mencari pasangan masing-masing. 

Dalam Sistem Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (14/12) malam pukul 20.45 Wib kemarin, pasangan nomor urut 01, Andi-Suhardiman memperoleh 44,0 persen atau 70.308 suara. Suara masuk di direkap KPU sudah 100 persen atau 686 TPS. 

Sedangkan pasangan nomor urut 02, yakni petahana Mursini (Bupati Kuansing saat ini) dan pasangannya Indra Putra mendapat suara 23,2 persen atau 37.021 suara. Sedangkan paslon nomor urut 03 Halim (Wakil Bupati Kuansing sekarang) meraih 32,8 persen atau 52.392 suara.

Andi Putra merupakan anak mantan Bupati Kuansing dua priode 2006-2016. Andi juga mantan Ketua DPRD Kuansing dari Golkar yang mundur karena ikut Pilkada.

Sedangkan Suhardiman Amby, merupakan mantan anggota DPRD Riau dari partai Hanura. 

Paslon Mursini-Indra Putra disebut BERMITRA, Andi Putra-Suhardiman Amby akrab disebut ASA dan Halim-Komperensi, familiar dengan sebutan HK.

Paslon ASA diusung tiga Partai Politik yakni Golkar 6 kursi, Hanura 1 kursi dan PKS 2 kursi, total 9 kursi yang akan menjadi mesin politiknya untuk menggaet massa.

Sedangkan paslon HK  diusung dan didukung 4 partai yakni PDIP 3 kursi, PAN 4 kursi, Demokrat 4 kursi dan Gerindra 4 kursi, total kursi yang akan menjadi mesin politik menggaet massa adalah 15 kursi.

Pasangan BERMITRA diusung dan didukung partai PPP 4 kursi, Nasdem 4 Kursi, PKB 3 kursi, total kursi mesin politiknya 11 ditambah partai PBB, Gelora dan PSI.

Dari 9 daerah kabupaten dan kota yang melaksanakan Pilkada Serentak di Riau, partai Golkar Riau mengklaim hanya menang di 2 kabupaten. Kedua daerah itu yakni di Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hulu (Inhu). 

Sementara, di Bengkalis Indra Gunawan yang notabene menjabat Sekretaris DPD Golkar Riau justru kalah.