Empat Yang Menyebabkan Ukuran Kejantanan Pria Menyusut

Ahad, 11 Oktober 2020

Ilustrasi pisang. Shutterstock/valzan

Riauaktual.com - Bagi banyak pria, ukuran kejantanan merupakan sebuah hal yang sangat sensitif. Besar atau kecilnya kejantanan milik pria ini kerap menjadi kebanggaan serta menjadi tanda bagi status jantan seorang pria.

Banyak yang menganggap bahwa semakin besar ukuran kejantanan pria, maka semakin macho dia. Hal yang sebaliknya juga terjadi. Oleh karena itu, hal ini kerap menjadi topik yang sensitif.

Pada pria dewasa, terdapat kemungkinan perubahan kejantanan ini baik membesar maupun mengecil. Pada pria, menyusustnya kejantanan ini bisa terjadi secara permanen atau hanya sementara saja karena sejumlah alasan.

Sejumlah kondisi kesehatan bisa menjadi penyebab terjadinya penyusutan ukuran kejantanan pria. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang menyebabkan kejantanan milik pria menyusut.

Berat Badan Naik

Kejantanan pria melekat pada dinding kulit dan otot perut mereka. Oleh karena itu, ketika perut membesar maka penis pria bakal terlihat menyusut dan mengecil. Untuk mengatasi hal ini, menurunkan berat badan bisa membuat ukuran kejantanan kembali seperti semula.

Penuaan

Ketika kamu bertambah tua, semakin banyak plak yang terkumpul pada arteri di penis sehingga aliran darah jadi terhambat. Selain itu, kolagen protein atau jaringan parut juga dapat terkumpul pada bagian penis yang terlibat dalam ereksi. Munculnya hambatan ini dapat berujung pada ereksi yang lebih pendek.

Penyakit Peyronie

Penyakit peyronie merupakan masalah yang terjadi ketika jaringan parut terbentuk di dalam penis sehingga ukuran menyusut atau panjangnya berkurang. Hal ini terjadi karena cedera penis berulang terutama karena aktivitas fisik atau seks.

Merokok

Ketika kamu merokok, terdapat sejumlah zat kimia berbahaya yang dapat menyakiti saluran darah di dalam penis yang menyebabkan darah tak dapat mengalir ke dalamnya. Sebuah penelitian mengungkap bahwa perokok memiliki panjang penis ereksi lebih pendek dibanding mereka yang tidak merokok.

Menyusutnya kejantanan ini tentu saja menjadi sebuah mimpi buruk bagi banyak pria. Menjaga kesehatan serta menerapkan gaya hidup sehat bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan ini.