Mantan Bupati Bengkalis Diprediksi Lolos ke Senayan

Sabtu,11 Mei 2019 - 06:14:34 WIB

Syamsurizal (int)

Riauaktual.com - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak telah usai, pesta terakbar dalam sejarah demokrasi kepartaian di negeri ini, dimana pemilihan Presiden dan wakil Presiden yang dilaksanakan secara serentak dan bersamaan dengan pemilihan Calon Anggota Dewan (CAD) baik DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Propinsi maupun DPR RI dan DPD RI telah sukses dilaksanakan pada Rabu 17 April 2019.

Di Propinsi Riau misalnya tersebutlah seorang nama politikus yang kawakan yang yang telah malang melintang didunia politik, yang memulai karir politik sebagai Bupati Bengkalis selama dua (2) periode hingga pernah sebagai pejabat (PJ) Walikota Pekanbaru.

DR. H. Syamsurizal MM begitulah politikus yang dikenal sebagai tokoh pembagunan Riau pesisir, biasa lebig akram di panggil dengan sapaan Bang Syam. terlihat santai dan agak serius, mantan Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga pernah berkecimpung di Partai Golongan Karya tersebut memastikan dirinya melenggang ke senayan setelah rekap C1 (Plano) yang dikumpulkan dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menyebar didaerah pemilihannya Riau 1 yang meliputi Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, serta Kabupaten Kepulauan Meranti.

Putra kelahiran Selatpanjang tersebut ikut mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dapil Riau 1. meskipun berada di nomor urut 2, tidak menurunkan semangat bang Syam untuk maju dan melaju mengambil alih satu (1) dari tujuh kursi yang diperebutkan sebagai anggota DPR dai Dapil Riau 1.

Tidak tanggung-tanggung sebagian besar pemilih di dua kabupaten dipesisir Riau yakninya Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan dukungan politiknya kepada Bang Syam.

“Alhamdulillah sampai saat ini kita masih unggul 70% di dua kabupaten seperti bengkalis dan Meranti, tetapi suara tersebut belum termasuk dari kota Pekanbaru, Siak, Dumai, Rohul dan Rohil”. Ungkap Amir, salah seorang tim Syamsurizal beberapa hari lalu, Sabtu (20/04)

Salah seorang sahabat dekat Syamsurizal, Madun juga mengamini informasi satu kursi untuk Partai nomor urut 10 tersebut.

“Insya Allah bang, satu kursi sudah positif untuk bang syam meskipun pada kursi terakhir”. Ungkap Madun singkat via pesan saluran telepon Rabu (07/05)

Dapil Riau 1 untuk DPR RI memperebutkan 7 kursi dengan daerah pemilihan (Dapil) 7 Kabupaten/Kota (Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, serta Kabupaten Kepulauan Meranti).

Meskipun belum ada informasi final dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) namun hasil pleno yang diperoleh dari rekap suara Kabupaten/Kota Dapil Riau 1, sudah dapat gambaran 7 Calon Anggota DPR RI yang menempati 7 kursi tersebut.

Perolehan Suara DPR RI Dapil Riau 1

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menempati suara terbanyak dengan perolehan suara 225.627 Suara, menyusul berikutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengantongi 196.105 Suara, pada urutan 3 besar yakninya Partai Demokrat dengan suara 195.961, Partai Gerindra 190.716, Partai Amanat Nasional (PAN) 175.025 suara, Partai Golkar dengan 123.625 suara, meskipun terpaut jauh namun Partai Persatuan Pembangunan(PPP) tetap memastikan diri lolos ke Senayan dengan perolehan 102.510 suara. (rls)