Duty Manager RSUD Arifin Achmad Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Selasa, 22 September 2020

Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Duty Manager Instalasi Rawat Inap Surgikal RSUD Arifin Achmad, Muhamad Desfan Karim dikabarkan meninggal dunia akibat Covid-19.  

Almarhum menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 14.30 wib, Selasa (22/9) sore tadi.

Direktur RSUD Arifin Achmad, dr Nuzelly Husnedi MARS mengatakan nyawa almarhum tak tertolong lantaran sebelumnya mengalami sesak nafas hebat 

"Meninggal pukul 14.30 tadi, kondisinya sesak sekali. Ia sudah sepekan lalu sakit dan dirawat di salah satu rumah sakit swasta. Baru dini hari tadi dirujuk ke RSUD Arifin Achmad karena kondisinya semakin parah dan baru diinformasikan pihak keluarga," terangnya.

Pelepasan jenazah dilakukan bersama seluruh tenaga kesehatan dan keluarga, almarhum disemayamkan di TPU Tengku Mahmud Palas dengan standar COVID-19.

Diceritakan Nuzelly, almarhum sudah sembilan tahun mengabdi di RSUD. Sebelumnya Ia sempat menjadi lurah di Kota Pekanbaru.

Ia mengatakan almarhum kesehariannya tidak menangani pasien COVID-19, melainkan staf umum yang menjabat sebagai Duty Manager Instalasi Rawa Inap Surgikal RSUD Arifin Achmad. Almarhum dikenal sebagai sosok yang baik. 

"Ini adalah kasus pertama kematian tenaga Kedis akibat Covid-19 di sini (RSUD Arifin Achmad). Dimana ada 30 lebih kasus pegawai dan nakes yang terkonfirmasi positif Covod-19 di sini. Untuk itu, sebagai antisipasi saya terus mengatakan kepada pegawai saya yang terkonfirmasi agar jaga diri supaya tidak menularkan ke orang lain. Karena percuma juga di rumah sakit kita ketat, tapi di luar tetap berkumpul, makan-makan, foto bersama tanpa masker," tegasnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, total kasus COVID-19 akumulatif pada 22 September mencapai 5.701 karena terjadi penambahan 253 pasien baru. Jumlah pasien yang sembuh bertambah 133 orang, sehingga total ada 2.327 pasien sembuh. Sementara itu, yang meninggal dunia ada 106 orang. (San)