Apa Boleh Membangunkan Bayi untuk Menyusui Bayi Ketika Sedang Tidur?

Rabu, 16 September 2020

ilustrasi ibu menyusui. ©www.pregnancyandbaby.com

Riauaktual.com - Menyusui merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang ibu yang baru melahirkan untuk memberi asupan nutrisi dan gizi bagi buah hati. Pada usia yang masih belia tersebut, bayi hanya bisa menangis untuk mengungkapkan keinginan mereka.

Terkait pemberian air susu ibu (ASI), banyak orang tua yang bertanya-bertanya apakah baik memberi susu ketika bayi tengah tidur. Hal ini membuat orang tua harus membangunkan dulu sang buat hati ketika tidur sebelum menyusuinya.

Dilansir dari Self, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bobot tubuh. Sebagian besar bayi yang baru lahir kehilangan berat badan pada beberapa hari setelah kelahiran.

Hingga bayi mendapat kembali bobot tubuhnya yang hilang selama seminggu setelah kelahiran, penting untuk menyusuinya dengan sering. Hal ini membuat kamu harus sering membangunkan bayi untuk menyusuinya terutama ketika dia tertidur lebih dari empat jam.

Setelah buah hatimu menunjukkan pertambahan berat badan serta mencapai berat badan tertentu, maka sebaiknya kamu tetap membangunkannya untuk menyusu. Jika telah mencapai berat badan ideal, maka kamu boleh menunggu dia terbangun untuk menyusuinya.

Sebagian besar bayi yang baru lahir, butuh menyusu antara 8 hingga 12 kali sehari atau sekitar sekali tiap dua hingga tiga jam. Menyusui bayi secara teratur juga memiliki manfaat lain yang penting.

Tangisan merupakan salah satu tanda bayi tengah lapar, semakin awal kamu menyusuinya maka kamu juga tak perlu menenangkan bayi yang tengah rewel. Kenali juga tanda-tanda lain bayi lapar yang mungkin muncul lebih awal seperti gerakan, ekspresi, serta gerakan mulutnya.

Menyusui secara teratur juga memberi manfaat bagi sang ibu. Dengan menyusui secara teratur, maka pasokan ASI-mu juga bakal terbantu terpenuhi.

Salah satu hal yang patut diperhatikan adalah bahwa biasanya bayi yang lahir prematur membutuhkan kebutuhan nutrisi khusus. Mereka juga mungkin tidak dapat menunjukkan isyarat lapar sebaik bayi lain.

Satu hal yang pasti, membangunkan bayi untuk menyusuinya merupakan hal yang sebaiknya dilakukan terutama pada usia-usia awal. Jadi jangan khawatir dan ragu untuk menyusuinya walau sedang tidur.