Hati-hati, Beredar Video Hoax Sampang Rusuh, Ribuan Warga Serang KPU

Senin,22 April 2019 - 18:03:03 WIB

Sampang rusuh saat Pilkada serentak 2018 lalu

Riauaktual.com - 

Video ribuan warga menyerang ratusan polisi yang sedang berjaga viral di media sosial. Kabarnya, insiden itu terjadi di KPU Sampang, Madura, Jawa Timur.

Dalam video itu, tampak ribuan orang berhadap-hadapan dengan ratusan polisi. Seorang pria lantas memberikan komando dengan menggunakan pengeras suara.

Ia menghitung mulai dari angka lima hingga angka satu. Setelah itu, ribuan warga melempari kantor Bawaslu Sampang dengan batu. Mereka juga menyerang aparat kepolisian hingga lari terbirit-birit.

Kendati demikian, sebagian aparat tetap bertahan dan menahan serangan para perusuh. Polisi menggunakan tameng agar bisa bertahan dari serbuan warga.

Terdengar suara seseorang yang meminta polisi untuk menembak para perusuh. Namun polisi tidak mau mengeluarkan tembakan. Mereka hanya bertahan dengan menggunakan tameng.

“Ribuan warga Sampang Madura kepung Bawaslu dan KPU Sampang dengan batu,” tulis pemilik akun Facebook Umi Jamilah yang mengunggah video kerusuhan itu di grup Facebook Komunitas Kabar Madura (2015), Senin (22/4).

Video Sampang Madura

Para pengguna Facebook pun langsung memviralkan video tersebut. Mereka mengira kerusuhan itu terjadi akibat adanya kecurangan Pemilu 2019 di Sampang Madura.

Hingga Senin (22/4) pukul 16.20 WIB, video hoax kerusuhan Sampang tersebut telah dibagikan 2.227 kali dan dikomentari puluhan pengguna Facebook.

Penelusuran pojoksatu.id, video itu merupakan video lama. Insiden tersebut terjadi saat ribuan pendukung salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati Sampang menuntut pemilihan ulang, Senin 9 Juli 2018 lalu.

Kepada warganet yang mendapatkan video seperti di bawah ini, dimohon untuk tidak terprovokasi dan tidak menyebarkannya lagi di media sosial demi kepentingan bersama.

 

Sumber: pojoksatu.id