Memikirkan Pendidikan Atlet, KONI Bengkalis MoU Dengan Lima Perguruan Tinggi 

Rabu, 09 September 2020

Usai MoU, Ketua KONI Bengkalis menyerahkan cendramata kepada lima Perguruan Tinggi Rabu (09/09).

Riauaktual.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis, menjalin kerjasama dengan lima Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Bengkalis. Bentuk kerjasama yang tertuang melalui penandatangan MoU tersebut adalah memberikan keringanan biaya perkuliahan bagi atlet berprestasi baik tingkat daerah, nasional maupun internasional. 

Kelima perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan KONI adalah, Politeknik Negeri Bengkalis, STAIN Bengkalis, STIE Syariah, STAI Hubbul Wathan Duri dan AMIK Mitra Gama Duri.

Ketua KONI Kabupaten Bengkalis, Darma Firdaus S, dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan Mou dengan sejumlah kampus di Bengkalis tersebut menurutnya sebuah trobosan yang sangat membantu para atlet yang ingin melanjutkan perkuliahan di kampus yang ada di Bengkalis.         

Menurutnya, Koni dan pemerintah daerah dan perguruan tinggi juga perusahaan yang ada di Bengkalis harus memiliki pandangan dan komitmen yang sama tentang pembinaan dan pembangunan dunia olahraga di Kabupaten Bengkalis.

“Saat ini kami baru menjalin kerjasama dengan lima kampus yang ada di Kabupaten Bengkalis, tidak tertutup kemungkinan ke depan kita akan bekerjasama sama dengan kampus di luar Kabupaten Bengkalis. Semua ini kami maksudkan agar para atlet kita bisa terbantu dan memiliki pendidikan yang mumpuni untuk masa depan mereka,” sebut pria yang akrab disapa Ucok ini.

Ia juga mengatakan, selama pendemi covid 19, hampir semua sektor terganggu, termasuk dunia olahraga. Upaya pembinan dan latihan dilakukan secara mandiri dan tetap mengikut protocol kesehatan. 

"Banyak agenda-agenda yang terkendala dan teganggu dampak dari covid 19 ini. Pun begitu latihan-latihan secara mandiri tetap dilakukan,” ujar Ucok.

Sementara itu Ketua KPNI Provinsi Riau diwakili Kabid Binpres, H Mustafa Kamal mengatakan, apa yang dilakukan oleh KONI Kabupaten Bengkalis (kerjasama dengan perguruan tinggi) sangat mengispirasi. Program seperti itu bahkan belum terpikiran oleh KONI Provinsi Riau.

“Sebuah program yang layak dan sangat patut mendapatkan apresiasi. Dengan kuliah di daerah kita sendiri, para atlet kita harapkan bisa terus latihan dan memusatkan latihan di Bengkalis. Prestasi olahraganya teta terjaga, pendidikannya juga dapat,” sebut Mustafa Kamal.

Dikatakanya, kabupaten Bengkalis banyak menyumbang atlet-atlet berprestasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Tak heran, saat ini sejumlah cabang olahraga telah memusatkan latihan di Bengkalis ini, seperti Anggar, Muaythai, Laar dan Kempo.

“Prestasi itu juga telah dibuktikan dengan berhasil mempertahankan juara Porprov dua kali berturut-turut. Sebagai anak Bengkalis tentu prestasi ini juga sangat membanggakan saya. Dan sebagai Kabid Binpres KONI Riau saya mengajak dan menghimbau atlet-atlet kita untuk terus latihan kendati dilakukan secara mandiri,” sebut Mustafa Kamal.

Senada juga disampaikan Plh Bupati Bengkalis diwakili Asisten II Setkab Bengkalis, Heri Indra Putra mengatakan, selain memang medali yang menjadi target para atlet, prestsi dunia pendidika juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Maka dengan Mou KONI dengan sejumlah kampus, diharapkan selain prestasi oahraga, ijazah sarjana juga bisa diraih.

Hadir dalam kegiatan yang bertepatan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tersebut, Forkopimda, Ketua LAM, MUI sejumlah pengurus Cabang Olahraga dan pengurus KONI Kabupaten Bengkalis. (put)