Tujuh Pesawat JAT Atraksi di Udara Riau yang Diselimuti Asap

Kamis,21 Maret 2019 - 18:38:01 WIB

Riauaktual.com - Jupiter Aerobatic Team (JAT) sampai ke Provinsi Riau untuk melakukan atraksi akrobatik. Walau saat ini Riau diselimuti asap, namun pesawat khas berwarna merah tetap menghibur warga.

Tujuh unit pesawat baling-baling JAT jenis KT-1 Wong Bee sampai Kota Pekanbaru pada Kamis (21/3/2019) pukul 12.00 WIB. Sebelum melakukan atraksi, rombongan Letkol Pnb Mercelinus mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru. 

Kemudian mereka bergerak ke udara Pekanbaru melakukan akrobatik. Tiga pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari Skadron 12 Lanud Pekanbaru juga dikerahkan untuk melakukan pengawalan tujuh unit JAT.

Di Kota Pekanbaru, mereka flypast atau terbang melintas secara rendah di tengah kota dan melakukan atraksi lain yang meimbulkan decak kagum. Iringan pesawat TNI AU ini juga menunjukan kebolehan dengan terbang melingkar satu dengan lainnya saat melintas di atas Lanud Roesmin Nurjadin.

Terkait adanya kabut asap yang menggangu jarak pandang diudara, Letkol Pnb Mercelinus menjelaskan dengan banyaknya pengalaman pilot, semua berjalan lancar. 

"Tadi visibility (jarak pandang) memang kurang bagus. Namun itu tidak menjadi kendala. Dengan pengalaman, latihan dan instrumen yang ada di pesawat kita bisa terbang dengan aman," imbuhnya.

Dia menegaskan bahwa atraksi JAT ini dilakukan untuk menghibur warga Pekanbaru. Sebelum di Riau,rombongan JAT melakukan atraksi di Pelambang, Sumatera Selatan. Mercelinus menegaskan bahwa mereka melanjutkan perjalanan ke Malaysia untuk mengukuti iven Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2019."Nanti kita akan kembali lagi ke Pekanbaru usai dari Malaysia," imbuhnya. (Nat)