Tergelincir, Pesawat di India Terbelah 2 Saat Mendarat di Bandara Calicut

Sabtu, 08 Agustus 2020

Pesawat di India tergelincir patah menjadi dua bagian saat mendarat di landasan pacu Bandara Calicut (Foto: BBC News)

Riauaktual.com - Pesawat maskapai Air India Express mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Calicut, negara bagian Kerala. Pesawat dengan membawa 191 orang ini tergelincir dan terbelah menjadi dua bagian saat tiba di landasan pacu.

Dilansir dari BBC, Sabtu (8/8/2020), upaya penyelamatan kini tengah berlangsung di Bandara Calicut, yang juga dikenal dengan sebutan Kozhikode. Sedikitnya ada 2 dua orang yang tewas, termasuk pilot. Adapun sejumlah penumpang mengalami cedera, kata juru bicara maskapai.

Insiden ini terjadi pada Jumat (7/8) pukul 19.00 waktu setempat di tengah hujan deras.

Sebagian besar orang di dalam pesawat Boeing 737 itu telah dievakuasi. Sedikitnya 35 orang di antara mereka mengalami luka-luka dan telah dibawa ke rumah sakit, kata pihak berwenang..

Pihak maskapai mengatakan terdapat 184 penumpang, termasuk 10 anak-anak. Pesawat dari Dubai bernomor penerbangan IX-1344 itu diawaki tujuh orang, termasuk dua pilot.

Penerbangan tersebut dioperasikan oleh pemerintah India untuk memulangkan warga mereka yang terjebak di luar negeri selama pandemi COVID-19.

Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India (DGCA) mengatakan pesawat jatuh ke lembah dan patah menjadi dua bagian setelah tergelincir di ujung landasan pacu. Foto-foto yang dilansir media di India menunjukkan pesawat patah menjadi dua bagian.

"Prihatin yang mendalam ketika mengetahui kecelakaan tragis pesawat Air India Express di Kozhikode, Kerala. Telah menginstruksikan NDRF [Badan Penanggulangan Bencana Nasional India] untuk mencapai lokasi sesegera mungkin dan membantu operasi penyelamatan," tutur Menteri Dalam Negeri Amit Shah dalam cuitan.