Bupati Siak Alfedri Serahkan Bantuan BST Tahap III ke Warga Terdampak COVID-19 di Kandis

Kamis, 16 Juli 2020

Riauaktual.com - Bupati Siak Alfedri menyerahkan secara simbolis bantuan sosial tunai (BST) tahap III untuk masyarakat Kecamatan Kandis yang terdampak dari penularan pandemi COVID-19.

Alfedri menjelaskan, BST tersebut merupakan anggaran APBN program dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Dinas Sosial Kabupaten Siak.

"Selain BLT, kita juga menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) se Kabupaten Siak, dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Bantuan Sosial Pangan (BSP) perluasan 2020,"tutur Alfedri ke Riauaktual.com, Kamis (16/07/2020).

Dijelaskan Alfedri, kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi penerima manfaat program PKH (red) tersebut berjumlah 2000 Kepala Keluarga (KK), 929 BSP dan sebanyak 2.238 KK bagi penerima BST.

"Semoga penerima program tersebut bisa memanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Karena dampak dari covid-19 ini sangat mengganggu ekonomi dari masyarakat,"tuturnya.

Tempat terpisah, Camat Kandis Said Irwan menambahkan selain bantuan BST Kemensos RI tersebut, bantuan langsung tunai atau BLT Dana Desa (Kampung) se Kecamatan Kandis sudah dilaksanakan.

"Total delapan kampung dan kelurahan sebanyak 1.152 KK, masing-masing menerima Rp.600 ribu per KK,"kata Irwan. 

Selain itu ia melaporkan, bahwa pihaknya membuat inovasi pelayanan publik. Yakni, pelayanan KTP dan pembuatan Paspor di Kantor Camat Kandis.

"Jadi, masyarakat Kandis bisa membuat KTP dan Paspor di kantor Camat, tak perlu jauh-jauh lagi ke Kabupaten,"pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Plt Kadis Sosial Kabupaten Siak Nurbaiti, Wakil Kepala Kantor POS Pekanbaru Satriya Murni, perwakilan Bank Mandiri, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Siak Yusuf Delfi. (Infotorial/Baim)