Heboh Video Satpol PP Patroli Gunakan Sepeda Brompton Seharga Rp90 Juta

Kamis, 09 Juli 2020 - 08:13:17 WIB

Riauaktual.com - Publik jagad sosial media, Rabu (08/07/2020) dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah anggota Satpol PP berpose dengan sepeda Brompton.

Dalam foto yang beredar ada yang menyebutkan jika anggota satpol PP berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti diketahui sepeda Brompton beberapa bulan lalu sempat viral karena harganya yang menyentuh angka Rp90 juta /unit.

 

Bukan milik mereka

Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud yang dikonfirmasi mengatakan, petugas yang ada dalam foto tersebut memang anggotanya. Namun, sepeda impor merk Brompton tersebut bukanlah milik Satpol PP Kota Makassar.

“Itu memang anggota saya, tapi sepeda itu bukan miliknya. Jangankan milik anggota tersebut, inventaris Satpol PP pun tak ada sepeda. Jangankan punya sepeda mahal seperti itu, anggota Satpol PP saja hidupnya masih susah,” katanya.

 

Video patroli pakai Brompton

Berdasarkan penelusuran, sepeda yang digunakan Anggota Satpol PP tersebut merupakan jenis Brompton M6L Explore Edition, salah satu yang termahal dan limited edition.

Jenis sepeda asal Jerman tersebut juga belum tersedia di e-commerce Indonesia. Per unitnya dibanderol 6.500 euro atau sekitar Rp104,97 juta (dengan asumsi 1 euro sama dengan Rp16150,-). Ongkos kirim dari Jerman menuju Indonesia hanya dipatok sekitar 25 euro.

Dalam foto itu tampak sebanyak enam petugas Satpol menggunakan seragam lengkap warna coklat, termasuk mengenakan baretnya. Mereka berbaris rapih dengan berjajar di atas trotoar. Masing-masing memegang sepeda bermerek Brompton tipe explorer.

Sumber: planet.merdeka.com