Langit Tokyo Jepang Diselimuti Awan Pelangi

Rabu, 01 Juli 2020

Awan Pelangi Dilangit Jepang

Riauaktual.com - Fenomena aneh kembali terjadi di Tokyo, Jepang. Sebuah fenomena yang sering disebut dengan ‘awan pelangi’ belum lama ini terlihat di langit Tokyo.

Seperti dilansir dari laman OddityCentral, kejadian ini terjadi pada Jumat (26/6/2020) lalu.

Dimana dalam foto yang beredar tersebut terlihat awan berwarna-warni di langit. Warganet pun membagikan fenomena langka tersebut di media sosial Twitter.

Tak seperti awan biasa yang berwarna putih, awan tersebut malah nampak layaknya sebuah pelangi yang memiliki beragam warna. Akan tetapi, fenomena optis ini lebih dekat dengan halo es daripada pelangi.

Usut punya usut fenomena ini dinamakan Circumhorizontal Arc.

Fenomena awan multicolor ini juga dikenal dengan nama ‘fire rainbow’ karena terkadang terlihat seperti warna-warni yang menyala di langit.

Ketika matahari melewati awan cirrus dengan lebih banyak “Kristal es” di langit atas, ia menghasilkan 58 derajat setelah pembiasan.

Sehingga awan-awan itu akan nampak seperti pelangi yang terbakar di langit.

Fenomena ini sebenarnya umum di beberapa negara seperti Amerika Serikat, di mana awan tersebut akan muncul setiap musim panas.

Sedangkan untuk orang-orang yang tinggal di kawasan Eropa Utara, hal ini akan jarang dialami. Jadi jangan heran ya tipstrenners!