Diskes Bantah Broadcast Lima Klaster Penyebaran Covid-19 di Pekanbaru

Jumat, 26 Juni 2020

Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Melalui Broadcast WhatsApp , masyarakat Pekanbaru dihebohkan dengan informasi atau pesan berantai yang menyatakan adanya lima klaster penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru. 

Lima klaster yang disebutkan dalam pesan tersebut yaitu BRI, Kantor Camat Bukit Raya, Puskesmas Rumbai, Pizza Hut Ciputra, dan Kantor Bersama Pemko (Bapenda, Disperindag, dan Diskoperasi).

Terkait infomasi tersebut, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, melalui Sekretaris Diskes, dr Zaini, membantah informasi yang beredar tersebut. Menurutnya, informasi yang disampaikan itu ada benar dan ada juga yang salah.

"Nggak ada itu. Beritanya kacau balau. Ada yang benar, tapi banyak juga yang salah. Kalau BRI ya benar itu klaster salah satu perusahaan BUMN," kata Zaini, Kamis (25/6/2020).

Sementara, Ia membantah adanya klaster dari Puskesmas Rumbai, Pizza Hut Ciputra, Kantor bersama Bapenda, Disperindag dan Diskoperasi.

Senada Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, dr Mulyadi juga menyatakan hal serupa ketika dihubungi, Kamis (25/6/2020) malam. 

"Memang ada beberapa orang pekerja yang positif Covid-19 di kelompok kerja seperti salah satu cabang Kantor BRI dan Kantor Camat Bukit Raya. Namun untuk selain itu tidak benar," sebutnya.

Untuk Puskesmas Rumbai memang ada salah satu tenaga kesehatan positif Covid-19 yaitu dokter intership yang bekerja di puskesmas tersebut. Tapi untuk kluster belum bisa kita sebut, karena saat ini dalam proses tracing kontak dan seluruh pegawai yang bekerja sudah diambil swab dan menunggu hasilnya. (Hen)