Alfedri : Tiga Santri Klaster Magetan Terkonfirmasi Positif COVID-19, Berangsur Membaik

Jumat, 29 Mei 2020

Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Bupati Siak Alfedri mengatakan, tiga santri klaster pondok pesantren Magetan, Provinsi Jawa Timur yang dirawat di RS Tengku Rafi'an Siak, sudah berangsur membaik.

Sebelumnya, santri - santri tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. 

Santri yang dinyatakan terkonfirmasi positif swab tersebut, pada saat pelaksanaan PSBB kemaren.

"Sebelumnya, ke-tiga santri tersebut pulang ke Siak sudah menjalani protokol kesehatan Covid - 19. Namun, setelah 14 bahkan masa satu bulan, anak kita tersebut tidak menunjukkan gejala terinfeksi virus Corona. Setelah salah satu dari tiga orang tersebut dilakukan swab, ternyata positif. Kita simpulkan, mereka termasuk dalam klaster orang tanpa gejala (OTG) tertular virus Corona," kata Alfedri ke Riauaktual.com, Jum'at (29/05/2020).

Kata dia, sampai saat ini hasil swab ketiga kalinya para pasien tersebut dinyatakan negatif dan sedang menunggu hasil pemeriksaan swab selanjutnya. 

"Pihak keluarga mereka juga sudah dilakukan tracing, dan juga dilakukan pemeriksaan swab. Diantaranya, keluarga pasien di Kecamatan Dayun sebanyak 4 orang, sudah dilakukan pemeriksaan swab, dengan hasil negatif.

"Keluarga pasien dari Kecamatan Mempura saat ini sedang menunggu hasil, dan keluarga pasien asal Kecamatan Siak yang berjumlah 7 orang hasil pemeriksaannya juga dinyatakan negatif," sebut Alfedri.

Sementara dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), Alfedri menyebutkan memberi dampak positif bagi penanganan penularan Covid 19 di kota itu.

"Hingga saat ini, jumlah ODP di Kabupaten Siak tercatat sebanyak 4425 orang, dan yang masih dalam pantauan sebanyak 674 orang. Jumlah tersebut berkurang dari jumlah sebelum PSBB yaitu sebanyak 824 orang. Sementara saat ini tidak terdapat PDP yang tengah menjalani masa perawatan, pungkasnya. (Baim)