DPRD Riau minta Pusat Buat Edaran , Pembiayaan Anggaran Status Siaga Corona

Kamis, 19 Maret 2020

Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto (int)

Riauaktual.com - Virus covid 19 sudah menimbulkan efek langsung ke masyarakat. Terkait hal ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau meminta pemerintah pusat segera membuat edaran untuk anggaran pembiayaan dampak virus Corona. Karena hal ini sebagai payung agar kepala daerah bisa membuat bertindak dan kebijakan strategis untuk menangani pandemi corona ini.

''Dua hal yang paling sederhana itu saja, masker dan hand sanitizer  pemerintah tak mampu menyediakannya untuk masyarakat. Kedua barang itu kini langka di pasaran. Rakyat tak berdaya. Kalau sudah begini apa upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat yang kini sedang dihantui virus mematikan," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, kalau menunggu APBD Perubahan masih lama. Keburu banyak korban nanti. Sementara  APBD murni sendiri masih memungkinkan untuk dirasionalisasi, khususnya anggaran di OPD yang tidak prioritas.

Sikap tegas pusat menurut politisi Partai Gerindra ini sangat diperlukan, karena covid 19 sudah menjadi pandemi dan bencana nasional dan di Riau sendiri sudah ada pasien positif. Kalau berharap dari APBN dan APBD sendiri, nomenklatur anggaran untuk penanganan virus Corona tidak ada. 

Kalau tidak ada payung hukumnya, dikuatirkan penanganan corona di seluruh provinsi tidak akan maksimal, karena kepala daerah tidak berani menggunakan anggaran yang ada. (Jun)