Pemerintah Minta Seluruh Warga Gunakan Masker, Aidil Amri: Harus Dipatuhi

Senin, 06 April 2020

Ketua Fraksi Demokrat Kota Pekanbaru, Aidil Amri

Riauaktual.com - Ketua Fraksi Demokrat Kota Pekanbaru, Aidil Amri meminta semua masyarakat mematuhi Pemerintah untuk menggunakan masker dalam beraktifitas.

"Mari kita patuhi himbauan tersebut. Tentunya apa yang diminta Pemerintah sudah melalui kajian terbaik bagi kita," katanya saat berbincang bersama wartawan, Senin (06/04/2020).

Aidil juga sepakat, jika masyarakat yang tidak sakit menggunakan masker kain, karena setidaknya bisa meminimalisir dampak penularan virus Covid-19.

"Masker kain saja itu sesuai rekomendasi. Kalau masker bedah dan N95 biarkan petugas medis saja yang gunakan," jelasnya.

Jadi sekarangkan sudah jelas, bukan hanya yang sakit, tetapi yang sehat juga harus pakai masker agar mencegah penularan wabah ini. 

"Kita tidak tahu akan bertemu siapa di luar sana, apakah terpapar atau tidak sehingga semua perlu waspada dan meminimalisir rantai penyebarannya," tuturnya.

Disamping itu Aidil juga berharap penerapan jaga jarak aman (social distancing) dan tidak mendatangi kerumunan juga harus diterapkan.

"Minimal satu sampai dua meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah, itu juga sesuai anjuran dari pemerintah," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan bahwa pemerintah menjalankan program 'masker untuk semua' per 5 April 2020 sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar," ujar Yuri pada konferensi pers, Minggu (5/4/2020) kemarin. (DON)