Pasien Ketiga Positif Corona di Riau Ternyata Tak Terkait Dua Pasien Sebelumnya

Selasa, 31 Maret 2020 - 18:43:34 WIB

Riauaktual.com - Ketua tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi menyatakan, bahwa pasien ketiga positif Corona inisial AA, tidak terkait dengan dua pasien awal.

Yopi menyebutkan, ketidakterkaitan ini didapat dari hasil wawancara dengan pasien AA. 

''Keterangan AA begitu, ia tidak mengenal dan tidak pernah kontak dengan dua pasien awal yang positif,'' kata Yopi, di gedung daerah, Jalan Diponegoro, Selasa (31/3/2020) sore.

Maka, untuk menelusuri orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan AA, saat ini sedang dilakukan tracking.

Setelah mendapatkan laporan AA positif Corona. Pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien AA dan para kerabatnya. 

''Kami sudah isolasi keluarga yang tinggal serumah dengan pasien AA ini. Proses tracing ini, kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dan Polda Riau,'' kata Yopi.

Yopi mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan jangan panik. Dengan melakukan pembatasan fisik (physical distancing), tetap di rumah dan hindari keramaian, rutin mencuci tangan dengan sabun, jaga pola hidup sehat.

''Yang penting tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya,'' harap Yopi.

Yopi menjelaskan, update data Corona di Riau, hingga saat ini ada 109 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Sebanyak 79 orang masih dirawat, 29 sehat dan dipulangkan, dan 1 meninggal dunia. Kemudian ada 14.989 Orang Dalam Pemantauan (ODP), yang mana 110 orang diantaranya sudah selesai pemantauan. (HA)