Setelah Fasilitas Umum, Kini Bioskop dan Tempat Hiburan Malam di Pekanbaru Diminta Tutup

Kamis, 19 Maret 2020

Rapat bersama Muspida plus dipimpin Sekdako Pekanbaru sebagai upaya memantau virus corona

Riauaktual.com - Usai penutupan aktivitas di sejumlah fasilitas umum seperti di Ruang Terbuka Hijau, hutan kota, taman dan tempat berkumpul lainnya, kini pelaku usaha bioskop dan tempat hiburan malam juga diminta untuk menutup aktivitas sementara.

Kebijakan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, HM.Noer, saat memimpin rapat mendadak membahas terkait pencegahan dan penyebaran virus corona, Rabu,(18/3/2020), bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru.

" Pemko Pekanbaru sudah menutup RTH, kemudian nanti tempat hiburan lainnya. Seperti bioskop untuk sementara tidak memutar film. Akan kita suruh tutup," kata Sekdako.

Terkait hal itu M.Noer, mengatakan, sudah membentuk tim berikut Surat Edaran. Bukan hanya bioskop dan tempat hiburan malam, pengusaha Warnet juga diminta untuk melarang anak-anak bermain 

"Termasuk hiburan malam, gubernur meminta itu ditutup. Mungkin nanti melalui Satpol PP dan instansi terkait, apa yang harus dilakukan. Malam ini mungkin ada pergerakan. Mana yang bisa malam ini, mana yang bisa malam besok. Karena ini harus," tegasnya.

Ditanyakan, apalagi yang dibahas dalam rapat itu, M.Noer, mengatakan, yang jelas untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Kemudian juga dibahas dua pengelompokan dalam kasus virus Corona.

Pertama, Orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). 

ODP adalah orang yang bersuhu tinggi tapi belum ada gejala. 

Sedangkan PDP mereka suhu tinggi, kemudian ada gejala-gejala.

 "Ini terus diawasi, ditindaklanjuti apakah dia positif atau tidak," katanya.

M Noer, juga mengungkap, di Pekanbaru, kasus ODP meningkat dari 26 orang kini sudah menjadi 40 orang.

Begitu juga dengan PDP, jika kemarin hanya 10 orang kini sudah 12 orang. Namun demikian Sekdako meminta warga tidak panik.

"Kita imbau, tidak perlu panik. Tetapi harus waspada. Penyebaran virus ini sangat mudah dan cepat. Semua masyarakat mari peduli, jaga kesehatan diri, dengan istirahat yang cukup," kata dia. (iky)