Ternyata Toilet Jadi Salah Satu Pusat Persebaran Virus COVID-19

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:40:25 WIB

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Virus corona Wuhan atau yang dikenal dengan nama penyakit COVID-19 yang telah menginfeksi puluhan ribu orang. Tercatat ada total ribuan orang telah meninggal di seluruh dunia.

World Health Organization (WHO) menyebut, penyebaran infeksi sebagian besar melalui tetesan pernapasan atau kontak dengan pasien yang terinfeksi.

Namun, baru-baru kini tim CDC China telah menunjukkan bahwa itu juga dapat menyebar melalui kotoran manusia. Dari penelitian tersebut telah dicatat bahwa, kotoran manusia dianggap sebagai proses keluarnya berbagai penyakit yang ada dalam tubuh, salah satunya urine.

sekarang apakah virus tersebut cukup cepat untuk menyebar ke orang lain.

Disatat dari livescience, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (CDC China) menyebut saat ini ada lebih banyak kasus COVID-19 daripada yang diperkirakan, jika virus hanya menyebar melalui pernapasan, tetesan air mata, dan kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi.

Tes sebelumnya telah menemukan bahwa COVID-19 tersebut dapat menginfeksi dari tinja manusia, namun belum jelas sampai sekarang apakah virus tersebut cukup cepat untuk menyebar ke orang lain.

Namun, setelah mereka memeriksanya dengan salah satu sampel tinja pasien yang terkena penyakit pneumonia berat dengan melalui mikroskop elekton, kemudian mereka jelas sekali menganggap bahwa COVID-19 dapat terinfeksi juga melalui kotoran atau tinja manusia.