PCR dan Pemko Jalin MoU di Bidang Teknologi Tepat Guna

Selasa, 28 Januari 2020 - 22:49:14 WIB

PEKANBARU - Politeknik Caltex Riau (PCR) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) sepakat untuk melakukan kerjasama. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr Dadang Syarif Sihabudin Sahid MSc dan Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT, pada Selasa (28/1/2020) di Ruang Auditorium Lantai III Kampus PCR Rumbai.

Bentuk kerjasama yang disepakati antara kedua belah pihak meliputi kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Pembuatan Teknologi Tepat Guna (TTG), pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, serta promosi dan pemasaran hasil produk inovasi teknologi industri PCR menjadi salah satu fokus pada kerjasama ini.

Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc mendukung kerjasama PCR dan Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Pagi ini kita menandatangani nota kesepahaman antara PCR dan Pemko Pekanbaru, kemudian ditindaklanjuti dengan diskusi kelompok terpumpun bersama beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk melihat permasalahan di Pekanbaru demi mensukseskan visi kota," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa masalah-masalah yang dipaparkan  pada kegiatan diskusi kelompok terpumpun ini dijadikan bahan dan kajian untuk penelitian dosen dan tugas akhir mahasiswa.

"Perlu diingat bahwa permasalahan di Kota Pekanbaru ini kompleks, kita Politeknik Caltex Riau siap bersinergi dan berkontribusi memberikan inovasi sesuai dengan kapasitas dan kompetensi PCR sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi," jelasnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan perlu ada sinergi antara akademisi, Pemerintah serta entreprenuer untuk mengembangkan Kota Pekanbaru. 

"Kita berbicara Pekanbaru hari ini dan masa akan datang," kata Firdaus.

Disampaikan Firdaus, pihak akademisi bersama Pemerintah dan Pelaku Usaha harus memperbanyak jenis usaha baru seperti starup untuk menyongsong masa depan. Fungsi akademisi disini menyiapkan riset dan tekhnologi tepat guna.

"Dengan demikian sumber daya manusia Pekanbaru sudah siap bersaing di bidang tekhnolgi industri masa akan datang. Pemerintah akan melakukan fungsi suporting untuk menunjang hal tersebut," tukasnya. (advertorial)