Proyek Peningkatan Jalan Darul Aman Teluk tungku Rupat Diduga Asal JadiĀ 

Kamis, 23 Januari 2020 - 21:08:22 WIB

Riauaktual.com - Pengerjaan proyek Peningkatan Jalan Desa Darul Aman yang menghubungkan Dusun Teluk Tungku Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis dengan pagu anggaran Rp,914,982515 diduga tidak sesuai dengan hasil kontrak, atau asal jadi.

Selain itu, proyek peningkatan jalan Darul Aman Teluk Tungku ini juga tidak transparan. Pasalnya, baru selesai di kerjakan plang proyek sudah tidak terlihat lagi di lokasi.

Wakil LSM TOPAN RI, M Silaban yang melakukan penelusuran dari berbagai pihak menemukan fakta, proyek pembangunan jalan ini bersumber dari APBD PUPR Bengkalis tahun anggaran 2019, dengan jenis pekerjaan pembangunan peningkatan jalan Darul Aman - Teluk Tungku Kabupaten Bengkalis dengan pagu Rp. 914,982,515 . 

"Anggarannya cukup besar, namun proyek ini seakan asal jadi. Dari pantauan kita tidak ada alat Pemerataan (Gledor) saat pengerjaan, sehingga Jalan Base Bergelombang seperti Polisi tidur," ungkapnya.

Sementara juru bicara Forum Wartawan Rupat (Forwa Rupat) Murdiono, berpandangan sama jika proyek tersebut terindikasi dikerjakan asal-asalan.

"Itu dapat dilihat dari tipisnya lapisan Base, jalan bergelombang, di beberapa titik lobang di isi kayu tunggul langsung di bentang tikar dan ditimbun base, tampak terlihat jalan Ambradul," terangnya.

Warga Dusun Teluk tungku yang tidak mau namanya di publikasikan juga tengah berada di lapangan mengaku sejak awal pihaknya sudah mencium ketidak beresan proyek jalan peningkatan darul aman teluk tungku.

"Saya mencium ada dugaan kongkalingkong antara kontraktor, dengan UPTD PUPR Rupat dan konsultan. Karena saat proses pengerjaan awal sampai proses Base, pengawas dari Kontraktor dan konsultan melihat pengerjaan tersebut. Tapi seperti ada pembiaran dikerjakan tidak sesuai aturan," katanya. 

Sampai Berita ini di terbitkan belum ada tanggapan Dari UPTD PUPR Rupat, Terkait Peningkatan Jalan Darul Aman Teluk Tungku yang terkesan Asal jadi. (M.Aritonang)