Turis Jepang Tulis Surat soal Kebersihan Bandara Soekarno Hatta, ini Isinya

Selasa,21 Januari 2020 - 07:32:05 WIB

Surat turis Jepang yang terkesan dengan kerja tenaga kesehatan Bandara Soekarno Hatta (Foto : @mantriss/Twitter)

Riauaktual.com - Seorang warga negara asing asal Jepang, membuat sebuah surat yang membuat cara pandang kita terbuka. Dia memberikan pernyataan, soal tenaga kebersihan Bandara Soekarno Hatta.

Surat tersebut ditulis dalam bahasa Inggris. Dan dari isi suratnya, dijelaskan bahwa penulisnya bernama Noriyuki N. Ia menjelaskan bahwa tenaga kebersihan Bandara Soekarno Hatta patut mendapat apresiasi atas pekerjaannya. Katanya, berkat tenaga kebersihan itu, toilet dan suasana bandara terjaga kebersihannya.

Berikut isi surat tersebut yang diperoleh dari okezone.com;

"Dear manager,

Saya Noriyuki N. Ini adalah kedua kalinya saya berkunjung ke Bandara Soekarno Hatta. Bandara ini sangat bersih! Tenaga kebersihan yang ada di sini sangat luar biasa.

Pagi ini, saya melihat perempuan muda sedang membersihkan karpet yang ada di ruang lounge dengan sangat hati-hati. Saya tahu apa yang dia lakukan adalah suatu rutinitas. Bagaimana pun, saya terkesima dengan cara dia membersihkan tempat sampah. Bagian atas tempat sampah itu terbuat dari besi dan saya tahu itu berat. Dia mengelap bagian atas dan dalam tempat sampah tersebut. Dia pun mengecek lagi apakah masih ada sampah di dalamnya atau tidak. Tidak ada satu orang pun di Jepang yang bisa melakukan hal ini. Saya pikir dia adalah pegawai spesial di sini.

Ini adalah bandara yang begitu besar. Banyak yang bisa dilihat di sini. Tapi saya pikir pegawai kalian memberi pesan pada kita semua (pengunjung); Selalu jaga kebersihan dan bersikap ramah".

Kamu harus sangat bangga dengan apa yang dilakukan pegawaimu sebagai suatu aset.

Tanggal: 30 Desember 2019

alltimes************@gmail.com

(Jakarta - Hong Kong - Jepang)."

Seperti itu isi surat yang dibuat Noriyuki kepada petugas kebersihan Bandara Soekarno Hatta. Surat itu pun kini viral di media sosial.

Respons netizen pun luar biasa. Banyak dari mereka yang ikut bangga dengan pekerjaan tenaga kebersihan Bandara Soekarno Hatta. 

"Bayangkan kalau setiap pekerjaan di seluruh instansi punya dedikasi yang sama, Indonesia pasti nggak hanga sekadar dikenal dengan negara ramah, tapi bisa lebih dari itu. Turis meningkat, diiringi devisa negara. Karena setiap hal yang besar pasti dimulai dari sesuatu yang kecil," komen @elviraedmanda.

Sementara itu, Indra Aziz menyayangkan tidak ditutupnya identitas pengirim pesan. "Duh, ada nama lengkap dan alamat emailnya. Kayaknya ini bukan untuk dipublikasikan," katanya. Ia kemudian lanjut komentar, "1. Data pribadi seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, itu semua privasi, harus dilindungi. 2. Bisa disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab. 3. Itu surat ditujukan untuk satu orang, tidak etis jika dipublikasikan tanpa izin," katanya.

Belum selesai, Indra Aziz pun menyarankan sesuatu. "Menurut saya bagus ceritanya untuk dibagikan, paling ditutupi saja bagian nama dan alamat emailnya," begitu katanya. So, siapa yang merasakan juga pekerjaan tenaga kebersihan Bandara Soekarno Hatta?