Ini Kronologis Tenggelamnya Siswa SMA N 01 Siak di Kolam Air Baku PDAM Mempura

Sabtu,18 Januari 2020 - 08:06:37 WIB

Kolam Air Baku PDAM Kecamatan Mempura, saat kejadian. (Foto Istimewa)

Riauaktual.com - Remaja yang tenggelam di area Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di jalan Sri Kembayat Kelurahan Sungai Mempura, Kecamatan Mempura kemaren, merupakan salah satu Siswa SMA N 01 Siak yang diketahui bernama Triansyah. Sebelumnya, almarhum dikabarkan tenggelam di Limbah Kolam SPAM, namun dibantah langsung oleh Kadis PU Tarukim. 

"Itu tidak benar, dia tenggelam di Kolam Air Baku, bukan Kolam Limbah SPAM. Almarhum serta temannya saat itu sudah di larang oleh penjaga bermain dan berenang di kolam tersebut, namun tidak di pedulikan. Jadi tidak ada kaitannya dengan kolam limbah SPAM. Dari keterangan temannya yang selamat, mereka berenang dari ujung ke ujung kolam, karena kelelahan, saat almarhum berputar balik, pas ditengah ,sebelum pelaku tengelam, temannya tersebut berusaha menolong almarhum, namun tangannya terlepas dan setelah itu almarhum sempat hilang," terang Irving Kahar, Jum'at (17/01/2020) malam ini.

Katanya lagi, kolam tersebut dulunya di fungsinya sebagai kolam penjernih dari Sungai Mempura untuk Kebutuhan SPAM Mempura. Namun, sekarang kata Kadis PU kolam tersebut dipergunakan dan di fungsikan untuk embung, jika ada kebakaran hutan sekitar lokasi itu.

"Kedalamannya 2 meter, dengan tanah dasarnya tanah mineral tdk berlumpur.  Daerah itu, daerah terlarang dan kawasannya sudah dipagar, tapi namanya anak-anak selalu aja ingin main di lokasi tersebut. Terkait pintu masuk, pintu tersebut memang tidak dipasang ,karena ada angkutan bahan kimia untuk pengolahan air minum dan termasuk untuk angkutan BBM mesin SPAM," cecarnya.

Sementara Amir petugas PDAM Mempura menyebutkan, korban datang ke lokasi Jum'at sore (18/01/2020), sekira pukul 04.30 WIB menggunakan pakaian bebas (bukan pakaian sekolah) membawa tas, saat itu datang dengan temannya yang sudah dilarang masuk.

"Saat ditanya, ngapain kalian main disini, kata almarhum awalnya kami pak mau berenang ke Waterpark ,namun kata teman di sini aja. Kata teman airnya disini jernih, kata almarhum kepada saya. Dari pantauan saya disini (Kolam Air Baku PDAM Mempura,red), almarhum belum pernah terlihat ke kolam tersebut, baru itu pertama kalinya," imbuhnya.

Atas kejadian tersebut, Kadis PU Tarukim Siak ikut Berbelasungkawa atas kejadian yang menimpa Triansyah.

"Kami beserta jajaran, turut berduka cita atas kejadian tersebut. Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dan sabar menghadapinya, semoga almarhum husnul khotimah,"ucapnya. (Baim)