Lucky Agung Binarto Resmi Gantikan M Diah Pimpin Kememkunham Riau 

Rabu, 18 Desember 2019

Riauaktual.com - Sah, Nahkoda pimpinan tertinggi yaitu Kepala Wilayah Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkunham) Riau, kini di emban Lucky Agung Binarto SH CN MH, setelah melakukan sertijab, Rabu (18/12/2019) Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Provinsi Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Mantan Kepala Kantor Imigrasi Khusus Batam ini, menggantikan Muhammad Diah SH MH yang merupakan putra Asli Riau kelahiran pulau Ransang Kabupaten Meranti.

Terhitung Muhammad Diah telah mengabdi di Provinsi Riau, selama masa bakti satu tahun tujuh bulan.

Kegiatan Serah terima Jabatan ini dilaksanakan disaksikan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Turut Hadir Kapolda Riau, Danrem 031, Pengadilan Tinggi Riau, DPRD Riau, BNNP, Kabinda, Pejabat Struktural, Kepala Unit Pelaksana Teknis dan Keluarga Besar Kemenkumham Riau.

Dalam Sambutannya M Diah mengucapkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya hingga dapat melaksanakan tugasnya di Riau dengan baik. Terlebih pada kejadian kerusuhan Siak. 

Memang Diah mengakui, selama setahun lebih menjadi Kakanwil Kemenkunham masih ada pekerjaan yang belum selesai dan menjadi PR bagi Kakanwil Riau selanjutnya. 

Sedangkan Lucky menyebutkan ini suatu kebanggaan bisa melanjutkan kepemimpinan Bapak Diah yang sudah mendapatkan banyak prestasi. Dan meminta dukungan dari semua pihak baik dari pemerintah daerah, forkopimda dan semua pihak terkait.

''Mudah-mudahan amanah yang diberikan kepada saya ini dapat kami emban dengan baik dan saya berharap bisa diterima di bumi lancang kuning ini,'' ujar Lucky.

Kepala BPHN mengucapkan terimakasih kepada M diah atas usaha dan kerja keras selama ini. Terbukti Pada kejadian Rutan Siak. Hanya dalam waktu kurang dari 24 jam ,117 napi yg berada di luar tembok Rutan Siak, dapat diringkus kembali dan relokasi ke semua lapas se Riau. 

Ia mengatakan, dengan hadirnya unsur Pemimpin daerah pada acara ini, membuktikan bahwa Kemenkumham Riau telah menjalin sinergitas dan koordinasi dengan baik. Namun beliau berpesan kepada Lucky untuk Meneruskan apa yang telah dikerjakan bapak M Diah.

''Saya harap pak Lucky juga dapat meningkatkan kerja sama dan sinergitas dengan Pemda dan forkopimda,'' harapnya.

Sementara itu, Syamsuar mengatakan, bahwa Pergantian pimpinan merupakan suatu hal yang lazim, sebagai penyegaran. Melalui sertijab hari ini kami berharap agar penegakan hukum khususnya di Provinsi saat ini semakin meningkat dan semakin baik melalui kesatuan sikap dan kesamaan visi serta persepsi antara Pemerintah Daerah bersama Kemenkumham Riau beserta Forkopimda lainnya.

''Atas nama Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan selamat atas pelantikan Kepala Kemenkumham Prov. Riau yang baru dan kami siap mendukung Bapak Lucky selama melaksanakan tugas di Provinsi Riau. Salah satu tugas kita bersama Mentri Hukum dan Ham pada saat kunjungan di Riau yaitu untuk membantu penyelesaian pembangunan pagar di Lapas Rumbai dan kami siap untuk membantu sepenuhnya,'' ujar Syamsuar.

Diakhir acara, petugas pemasyarakatan membentuk dua barisan dengan menghunus pedang pora melepas M. Diah. Suasana Haru menyeruak kala M. Diah beserta Istri, Chairani berjalan di bawah acungan pedang para petugas pemasyarakatan yang berbaris. Berlahan ia berjalan diantara barisan gagah petugas pemasyarakatan dengan pedang teracung ke atas meninggalkan ruangan tempat upacara menuju pintu keluar hingga ke mobil dinas yang digunakannya untuk terakhir kali yang mengantarkannya meninggalkan tempat upacara.

Selamat jalan, selamat bertugas di tempat baru Bapak M. Diah. Terima kasih atas pengabdianmu untuk Riau. (HA)