SMKN 4 Pekanbaru Lepas 130 Siswa Untuk Prakerin Gelombang Kedua

Selasa, 22 Oktober 2013

Kepala SMKN 4 Pekanbaru Dra Hj Sudarti MM. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kepala SMKN 4 Pekanbaru Dra Hj Sudarti MM melepaskan 130 siswa Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan Prakerin ini merupakan agenda tahunan yang wajib diikuti seluruh siswa, praktek atau magang ini dilaksanakan dua kali dalam setahun.

"Untuk saat ini merupakan gelombang kedua, setelah gelombang pertama kembali ke sekolah," tutur Sudarti, Selasa (22/10/2013).

Pelepasan keberangkatan siswa ke dunia industri dilakukan di halaman upacara sekolah, Senin kemarin, yang diikuti siswa kelas XI dari jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

"Karena kegiatan ini sudah menjadi keharusan bagi siswa, maka diharapkan hendaknya siswa dapat mempergunakan kesempatan ini secara optimal sehingga dapat menambah kompetensi diri," tuturnya.

Sebenarnya, lanjut Sudarti, kegiatan magang ini adalah proses belajar mengajar di sekolah yang dipindahkan ke industri. Dia juga mengingatkan kepada siswa agar dapat menjaga nama baik sekolah, jadi ada aturan yang harus diikuti siswa di industri.

"Tunjukkan bahwa kita sedang menuntut ilmu menuju kedewasaan, jaga nama baik sekolah dan berikanlah contoh yang baik kepada pihak industri dan sekolah lain," imbuh Sudarti.

Kemudian, ia berharap semoga pembelajaran yang diterima di sekolah dapat menjadi bahan dan dasar untuk bekerja dengan baik dan menjadi modal dalam bekerja di industri. Kepada peserta didik diminta senantiasa berkomunikasi dengan pihak sekolah melalui guru pembimbing, agar persoalan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.

"Kita mengucapkan selamat kepada para siswa yang melaksanakan prakerin, semoga sukses dan mendapatkan ilmu serta pengalaman yang selama ini tidak didapatkan di sekolah," pungkasnya. (ade)